Site icon Cenderawasih Pos

Rekapitulasi Pleno KPU Papua Molor

Komisioner KPU Provinsi Papua, Yohanes Fajar Irianto

Empat Kabupaten/Kota Belum Selesai Lakukan Pleno

JAYAPURA– Kendati Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri dan ketua KPU Papua Steve Dumbon optimis rapat pleno tingkat provinsi Papua akan selesai tepat waktu, namun kenyataan justru sebaliknya dimana KPU Papua meminta diperpanjang rekapitulasi penghitungan suara.

Adapun alasan perpanjangan waktu pleno di tingkat KPU Provinsi Papua tersebut karena hingga hari ini masih ada 4 kabupaten/kota yang belum mulai lakukan pleno.

“Kita baru tuntaskan 5 kabupaten dan masih ada 4 lagi yang belum dilakukan pleno,”ungkap Komisioner KPU Provinsi Papua, Yohanes Fajar Irianto ketika dihubungi Ceposonline.com, Minggu (10/3/2024) malam.

Kata Fajar, hari ini pihaknya sudah mulai lakukan pleno untuk Kabupaten Waropen. Hanya saja dalam kesepakatan forum pleno untuk dilakukan skors dan itu berjalan kurang lebih sekira dua jam lamanya, karena ada beberapa hal tekniks yang perlu diselesaikan lebih dulu.

Hal ini berkaitan dengan data pemilih dan penggunaan hak pilih yang menurut pendapat saksi dan Bawaslu perlu dilakukan pembetulan.

Sehingga dalam rapat pleno diberikan ruang untuk lebih dulu melakukan pembetulan penggunaan hak pilih tersebut.

Lanjut Fajar, karena pleno ini belum tuntas semuanya, maka pihaknya hari ini telah mengajukan permohonan perpanjangan waktu pleno kepada KPU RI.

Mengingat saat ini masih ada 4 kabupaten dan kota lagi yang belum dilakukan pleno yakni Kabupaten Waropen, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Kepulaun Yapen.

“Untuk Waropen kita upayakan plenonya tuntas hari ini dan hingga malam ini proses plenonya masih jalan,” jelasnya.

Mengenai keterlambatan pleno Kota Jayapura, Fajar menjelaskan, saat ini pleno suara di KPU Kota Jayapura masih berjalan.

Hanya saja masih ada pleno di tingkat PPD yang belum tuntas di antaranya Distrik Jayapura Selatan, Distrik Japsel dan Abepura.

Demikian juga pleno di tingkat KPU Kabupaten Jayapura hingga saat ini belum selesai juga. “Kita sudah ingatkan kepada KPUnya agar mereka percepat proses plenonya. Mudah-mudahan dalam satu atau dua hari ke depan sudah tuntas semuanya,”tutup Fajar. (ans/wen)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version