Site icon Cenderawasih Pos

Pleno Rekapitulasi  Suara KPU Masih 10 Persen

Frans Rumsarwir,  (FOTO:Karel/Cepos)

JAYAPURA-Pleno rekapitulasi suara  di KPU Kota Jayapura masih terus berlangsung. Hingga Rabu (6/3) baru PPD Muara Tami yang rampung direkapitulasi. Adapun PPD Heram dan Jayapura Utara telah masuk di KPU, namun belum mulai direkapitulasi.

  “Masih 10 persen yang telah direkap, ini karena ada kendala validasi data antara salinan saksi dengan sirekap,” kata Ketua Bawaslu Kota Jayapura, Frans Rumsarwir.

  Frans mengatakan secara regulasi tahapan pleno tingkat Kabupaten/Kota telah lewat, namun karena adanya berbagai persoalan yang terjadi, sehingga harus melewati batas waktu yang ada.

Namun hal itu bukan menjadi kendala, sebab mekansime pleno rekapitulasi suara yang lewat batas waktu yang ditentukan, tetap dilakukan rekapitulasi dengan menyesuaikan tahapan yang ada.

   “Untuk kita di Kota Jayapura, jadwal pleno di KPU Provinsi mulai 10 Maret,” katanya.

  Dikatakan alotnya pleno surat suara di KPU Kota Jayapura, disebabkan karena validasi data antara sirekap dengan salinan berita acara yang diperoleh masing masing saksi dari partai politik. Sehingga harus dilakukan pengecakan ulang.

   “Ini memang persoalan yang cukup rumit, karena data saksi dengan sirekap ini masih banyak yang tidak sesuai,” bebernya.

  Namun diapun mengharapkan PPD lain yang akan direkapitulasi tidak terjadi kendala sepertu PPD muara tami, sehingga pleno di KPU Kota Jayapura berjalan lancar. “Kami harap persoalan yang ada di Distrik harus diselesaikan di Distrik, jangan sampai dibawa ke KPU, karena itu yang bikin kita lambat,” tandasnya

  Frans  mengimbau kepada PPD Abepura dan PPD Jayapura Selatan untuk segera mengirimkan hasil pleno ke KPU, sebab batas Pleno PPD telah lewat dari jadwal yang ditentukan.

  “Jangan sampai berlarut dalam persoapan yang membuat kita kewalahan, kami harap PPD yang belum rampung rekapitulasinya segera diselesaikan,” ujarnya.

  Lebih lanjut dia sampaikan dari hasil pemantauan pleno pihaknya belum menemukan atau mendapatkan laporan adanya kerungan pleno surat suara di Kota Jayapura. “Semoga saja tidak ada kendala ataupun pelanggaran, sehingga kita bisa fokus dengan pleno surat suara yang sampai saat ini masing stagnan,” harapnya. (rel/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version