Site icon Cenderawasih Pos

Dortmund Bangkit usai Kalah Telak dari Bayern, Menang 2-0 atas Newcastle

Striker Borussia Dormund, Niclas Fuellkrug berselebrasi setelah berhasil membuat skor untuk Dortmund pada babak pertama Liga Champions melawan Newcastle United pada Rabu dini hari (8/11/2023) . (REUTERS/Wolfgang Rattay)

BOORUSSIA Dortmund berhasil menang 2-0 atas Newcastle United pada laga grup F Liga Champions. Laga tersebut berlangsung pada Rabu (8/11) dini hari WIB di kandang Dortmun, Signal Iduna Park.

Penyerang asal Jerman, Niclas Fuellkrug mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-26 untuk mencetak gol pertamanya di kompetisi ini dan Julian Brandt menambahkan satu gol lagi melalui serangan balik pada menit ke-79 untuk mengakhiri pertandingan dan mengurangi peluang Newcastle untuk finis di dua besar.

Tuan rumah penuh dengan kepercayaan diri sejak awal, tidak menunjukkan dampak apa pun dari usai menelan kekalahan kandang 0-4 dari rival abadi di Bundesliga, Bayern Muenchen, pada laga bertajuk Der Klassiker tersebut (5/11).

Tim berjuluk Die Schwarzgelben (Hitam Kuning) itu memegang kendali sepanjang pertandingan. Tekanan awal klub asal Jerman itu membuahkan hasil ketika Fuellkrug bekerja sama dengan baik dengan Marcel Sabitzer dan menembakkan bola dengan kaki kiri ke bagian atas gawang Newcastle untuk memberi mereka keunggulan.

Mereka nyaris mencetak gol lainnya dengan serangan balik yang sangat cepat sementara tembakan Sabitzer melayang di atas mistar beberapa saat kemudian.

Newcastle, tim pertama yang memainkan delapan pemain Inggris dalam pertandingan Liga Champions sejak Manchester United melawan FC Kosice pada 1997, kehilangan pemain kunci karena cedera termasuk Sven Botman, Alexander Isak, Harvey Barnes dan Elliot Anderson.

Mereka mencoba bangkit setelah turun minum, dengan masuknya Anthony Gordon dan Miguel Almiron menambah akselerasi permainan mereka. Namun, Joelinton menyia-nyiakan peluang terbesar Newcastle pada menit ke-56 ketika sundulannya memanfaatkan umpan silang Tino Livramento masih melebar.

Dortmund mengakhiri pertandingan pada menit ke-79 ketika Karim Adeyemi memberikan umpan kepada Brandt melalui serangan balik dan gelandang timnas Jerman itu mencetak gol kedua mereka.

Hasil tersebut mengangkat mental pemain Dortmund, yang telah mengalahkan klub asal Inggris itu di dua pertemuan mereka di grup F, menjadikan Dortmund mengoleksi tujuh poin kokoh di posisi teratas klasemen.

“Itu sangat pantas dengan penampilan tim kami yang hebat,” kata pelatih Dortmund, Edin Terzic. “Kami telah mengalahkan Newcastle dua kali, dan dua kali mencatatkan clean sheet. Tujuh poin tidaklah cukup. Itu merupakan langkah yang bagus namun masih banyak yang perlu ditindaklanjuti,” imbuhnya.

Pelatih Newcastle, Eddie Howe mengatakan, timnya harus memenangkan sisa pertandingan mereka untuk memiliki peluang melaju ke babak selanjutnya. “Kami harus mencoba dan memenangkan dua pertandingan terakhir kami (di Paris dan saat menjamu Milan),” kata Howe. “Kami tidak terpaut jauh malam ini, itu adalah hal yang bagus dari pertandingan ini. Dalam kondisi terbaik kami, bahkan dengan jumlah pemain yang kami miliki, kami cukup bagus (untuk menang di sini),” urainya. (*)

Exit mobile version