Site icon Cenderawasih Pos

Dukung Turunkan Stunting, PKK Studi ke Jogja

Ketua PKK Kota Jayapura, Maria Yuvita G. Pekey bersama rombongan saat melakukan studi tiru di PKK Kota Yogyakarta, dalam rangka menurunkan angka stunting. (Foto/Dok Pemkot Jayapura)

JAYAPURA-Sejumlah perwakilan Tim Penggerak PKK Kota Jayapura melakukan kunjungan kerja ke Kota Jogjakarta dalam rangka Studi tiru tentang keberhasilan PKK Kota Jogja dalam mengatasi masalah stunting di kota Jogja. Diketahui persesntase stunting di kota Jogja hanya 13,5 persen bahkan capaian itu dibawah rata rata nasional 14 persen.

  Ketua PKK Kota Jayapura, Maria Yuvita G. Pekey mengatakan, studi tiru yang dilakukan pihaknya itu tidak sekedar melihat dan mencatat apa yang sudah dicapai oleh PKK kota Jogja, namun pihaknya berkomitmen agar pengetahuan dan ilmu baru yang diperoleh dalam upaya penanganan stunting ini dapat diimplementasikan di Kota Jayapura. Sehingga target menurunkan angka stunting di kota Jayapura itu lambat laun bisa tercapai.

  “Bapak penjabat walikota terus berupaya untuk menekan angka stunting di kota Jayapura dibantu oleh OPD, beberapa organisasi wanita dan juga kami baru melantik ayah bunda pengasuh stunting, sehingga tentu kami bekerja bagaimana upaya penurunan stunting ini bisa tercapai,” ujar Maria Yuvita G. Pekey dalam rekaman suara yang diterima Cenderawasih Pos, Rabu (18/10).

   Dia menjelaskan, angka stunting di Kota Jayapura saat ini sudah mencapai 20,6 persen. Akhir tahun ini diharapkan bisa menurun sebagaimana target yang diberikan menjadi 17 persen. Sementara target nasional sampai di 2024 adalah 14 persen. Ini tentunya bukan pekerjaan yang mudah, sehingga segala upaya tentunya harus dilakukan.

  PKK kota Jayapura sendiri sudah memulai melakukan intervensi terhadap 93 anak di Kota Jayapura. Anak anak yang masuk dalam kategori stunting itu terlebih dulu dilakukan pengukuran sebelum diintervensi. Baik tinggi badan dan juga berat badannya. Pihaknya juga memetakan bayi stunting yang memiliki penyakit bawaan dan sudah disampaikan ke penjabat walikota untuk dilakukan intervensi lebih lanjut.

  “Kami baru lakukan intervensi pertama dengan memberikan kacang hijau dan telur. Nanti akan kami lakukan pengukuran lagi untuk memastikan sejauh mana perubahannya setelah dilakukan intervensi kacang hijau dan telur,” bebernya.

   Diketahui TP PKK Kota Jayapura melakukan studi tiru di TP PKK Yogyakarta,  16 – 20 Oktober. Kunjungan itu untuk melihat langsung program  unggulan dari tp pkk yogyakarta. Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan, berkunjung ke kantor Pkk Yokyakarta, melakukan pertemuan dengan TP PKK Yogyakarta, kunjungan ke posyandu Golo Padenyan Yogyakarta sebagai posyandu terbaik se-Indonesia. kunjungan ke TP PKK Keluharan Rejowinangun, Kemandirian TP PKK Keluharan Rejowinangun dalam proses pembuatan sabun pembersih piring dan proses pembuatan jamu.(roy/tri)

Exit mobile version