Site icon Cenderawasih Pos

Ketua RT/RW Diminta Bantu Pemutakhiran Data Pemilih

Pj Walikota Jayapura, Christian Sohilait (foto:Mboik/Cepos

JAYAPURA-Adanya informasi data bodong pada data pemilih tetap yang dikeluarkan oleh KPU di setiap wilayah kelurahan dan kampung di Kota Jayapura ditanggapi oleh PJ Wali Kota Jayapura,  Christian Sohilait.

   Dalam keterangannya dia meminta dan mengajak RT RW di tingkat Kelurahan dan kampung untuk berperan aktif memastikan pemutakhiran data pemilih tetap yang dikeluarkan oleh KPU Kota Jayapura disesuaikan dengan data warga yang ada di masing-masing wilayah.

“Bapak ibu RT RW mohon untuk membantu  kepala lurah,  untuk data-data warganya,” kata Christian Sohilait, Sabtu (14/9).

Dia mengatakan, tidak dipungkiri data pemilih tetap yang dikeluarkan oleh pihak KPU memang masih terdapat data warga pemilih yang sudah berpindah tugas atau bahkan sudah meninggal dunia  atau ganda.

Itu seperti yang pernah dikeluhkan oleh warga di Kelurahan Gurabesi, Jayapura Utara, beberapa waktu yang lalu.  Karena itu, sekali lagi dia berharap peran RT RW inilah yang cukup sentral untuk memastikan data-data pemillih  yang dikeluarkan oleh KPU itu benar-benar valid.

   “Bantu kepala lurahnya karena kita yang tahu siapa yang sudah meninggal dunia, siapa yang datanya dobel siapa yang sudah pindah tempat tugas,” katanya.

   Karena itu, dia juga meminta seluruh kepala lurah dan kampung untuk mengumpulkan RT RW nya mengenai hal tersebut supaya perlu ditindaklanjuti.  Ini penting supaya data wajib pilih di Kota Jayapura itu benar-benar valid sehingga tidak disalahgunakan boleh pihak-pihak lain yang ingin mencari keuntungan.

   Dia juga meminta masyarakat yang sudah memiliki hak pilih supaya ikut bergabung dalam pemilihan kepala daerah pada 27 November mendatang.  Memilih pemimpin kata dia harus sesuai dengan hati nurani bukan karena paksaan dari orang lain. Karena suara masyarakat akan menentukan berjalannya pembangunan lima tahun ke depan.

   “Saya juga mengajak semua warga yang sudah masuk dalam daftar pemilih tetap supaya menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 November sesuai dengan pilihan hati nurani,”imbuhnya. (roy/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version