Site icon Cenderawasih Pos

Wujud IKM, SMA Negeri 4 Gelar Natal Bersama

Foto bersama para guru SMA N 4 Kota Jayapura dan pihak Dinas Pendidian Kota Jayapura, Senin (11/12). (Mboik/cepos)

JAYAPURA-SMA Negeri 4 Kota Jayapura menggelar kegiatan Natal bersama, Senin (11/12). Acara diiikuti oleh seribuan  siswa-siswi SMA Negeri 4 Kota Jayapura beserta pejabat Pemkot Jayapura yang  diwakili oleh Dinas Pendidikan,  dan juga para guru.

   Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Abdul Majid mengapresiasi SMAN 4 kota Jayapura itu. Terutama telah menjalankan pilar pilar merdeka belajar dari kurikulum merdeka. Melalui kegiatan natal bersama merupakan wujud dari implementasi kurikulum merdeka (IKM) itu, terutama pada pilar pertama dari enam pilarnya.

  “Berdasarkan laporan dari kepala sekolah kegiatan keagamaan diberikan ruang  yang sama, semua diberikan hak yang sama, dan itu adalah bagian perintah dari kebijakan merdeka belajar ada enam pilar dari profil belajar pancasila. Salah satunya  adalah beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, yang terus kita jaga dan ini adalah bagian dari  itu,” kata Abdul Majid dalam sambutanya, Senin (11/12).

   Lanjut dia,  karena itu dia mengapresiasi program kegiatan positif yang dilaksanakan oleh pihak sekolah tersebut. Melalui tema natal bersama bersama tahun ini, “Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” kiranya dapat memberikan semangat baru bagi siswa, guru dan orang tua menyambut tahun baru 2024.

   Kepala SMA Negeri 4 Kota Jayapura, Anton Djoko mengatakan, Natal bersama merupakan kegiatan  rutin dilaksanakan setiap tahun di SMA Negeri 4 Kota Jayapura itu.  Selama kepemimpinannya  di sekolah itu sudah dua kali menyelenggarakan kegiatan yang sama.

  “Kita boleh berbeda suku agama ras, tetapi kita mempunyai tujuan yang sama untuk memajukan pendidikan di Kota Jayapura terutama di SMA Negeri 4 Kota Jayapura,” ujar Anton Djoko.

  Saat ini, SMAN 4 Jayapura memiliki  jumlah  siswa sebanyak 1456, kurang lebih 800 siswa beragama Kristen, 500 siswa beragama muslim, kurang lebih 100 siswa beragama Katolik, sisanya beragama Hindu. Karena itu, lembaga pendidikan tersebut  cukup beragam sehingga kebersamaan seperti ini terus dipertahankan.

   “Pada saat merayakan Idul Fitri maupun agama lainnya, teman-teman dari agama lain juga terlibat,  saat perayaan natal SMAN 4,yang muslim, hindu dan lainya hadir bersama dengan kita. Jadi inilah yang patut kita tumbuh kembangkan.  Jadi toleransi dan semangat  kebersamaan untuk kita wujudkan dalam kegiatan kita sehari hari teristimewa pada hari ini dalam peringatan Natal sma 4″ tambahnya.

   “Apresiasi atas dukungan dari para orang tua dan juga para siswa, para guru dan juga dari dinas pendidikan kota Jayapura yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berlangsung dengan baik,” tambahnya. (roy/tri)

Exit mobile version