Site icon Cenderawasih Pos

Penyakit ISPA Masih Dominan

dr Ni Nyoman Sri Antari ( FOTO: Ayu/Cepos)

Jaga Pola Makan  di Bulan Puasa

JAYAPURA- Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura dr Ni Nyoman Sri Antari mengungkapkan bahwa pada triwulan pertama tahun 2023 ini, untuk penyakit yang mendominasi di Kota Jayapura adalah ISPA dan malaria.

   “Untuk penyakit yang banyak ditangani di Puskesmas se Kota Jayapura rata-rata ISPA dan malaria, penyebab kenapa penyakit ISPA paling dominan karena pengaruh cuaca yang sering berubah dan warga tidak lagi memakai masker sehingga penyakit ISPA ini mudah menyerang warga,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (31/3).

  Diakui, memang di tahun 2022 lalu penyakit yang paling dominan adalah Malaria namun karena telah dilakukan sosialisasi pemberian obat dan pemberian kelambu penyakit malaria mulai menurun termasuk penyakit DBD yang sempat ada, namun karena telah dilakukan fogging juga menurun.

  Hal lainnya kata Sri Antari untuk saat ini di bulan puasa, hal yang perlu diwaspadai adalah penyakit diare dan maag. Sebab, umat muslim yang menjalankan puasa harus benar-benar menjaga pola makan, setelah satu hari berpuasa dimana pada saat buka puasa hindari makan yang mengandung santan apakah es buah, kolak, sayuran.

  Sebab, ini bisa berdampak pada diare jika memang kondisi perut belum siap diisi dengan santan atau susu. Dan pada saat sahur juga hindari terlalu banyak makan yang mengandung minyak-minyak maupun asam-asam. Tetap mengkonsumsi vitamin dan buah-buahan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. (dil/tri)

Exit mobile version