Site icon Cenderawasih Pos

Kampung Homfolo Dukung Target Papua Sehat

Penandatanganan dokumen hibah tanah secara gratis oleh Ondofolo dan keluarga kepada Pemkab Jayapura,  disaksikan Asisten III Setda Kabupaten Jayapura John Wicklif Tegai dan Bappeda Kabupaten Jayapura, Sekretaris Dinkes Kabupaten Jayapura Edward Sihotang berupa  sebidang tanah disamping Kantor Kampung Homfolo untuk dibangun Pustu, Selasa (10/9) lalu. (foto:Edward Sihotang for Cepos)

Serahkan Tanah Hak Ulayat untuk Pembangunan Pustu

SENTANI -Tokoh adat/Ondofolo dan masyarakat Kampung Homfolo, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, mendukung target Papua Sehat, dengan menyerahkan tanah ulayat untuk pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berada disamping Kantor Kampung Homfolo.

Hal tersebut menjadi penegasan Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas/ PPN, Tri Dewi Virgiyanti, ST, MEM pada sambutannya mengingatkan rencana penguatan Papua melalui Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) tahun 2022-2041 yaitu Papua Sehat, Papua Cerdas dan Papua Produktif.

Sambutan tersebut disampaikan dalam acara Festival Pembelajaran Masyarakat  untuk Suara dan Aksi Warga Negara yang dipusatkan di Kampung Homfolo, Distrik Ebungfauw, Selasa (10/9) lalu.

   Dijelaskan, Undang-Undang No.17 Tahun 2023 tentang kesehatan telah menegaskan bahwa peran serta/ pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan kesehatan sangatlah penting, yaitu dengan didengarkan  pendapatnya, kepastian pendapatnya dipertimbangkan dan diberikan jawaban atas penyampaian/usulannya oleh pemerintah.

“Berbagai mekanisme dibangun pemerintah untuk “mendekatkan telinga” pemerintah kepada rakyatnya baik melalui Musrenbang, forum-forum diskusi dan yang sedang dikerjakan melalui penguatan program Local Champion oleh USAID Kolaborasi bersama WVI di 18 Kampung,’’ungkapnya.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan beberapa agenda. Selain bagaimana mekanisme suara rakyat dapat disampaikan kepada pemerintah, juga dilaksanakan peresmian Taman Baca Homfolo serta penyerahan dokumen dukungan Ondofolo dan masyarakat dengan guna menyerahkan aset tanah kepada pemerintah untuk dibangun Puskesmas Pembantu.

Hal ini menjadi spesial karena dilakukan penandatanganan dokumen hibah tanah secara gratis oleh Ondofolo dan keluarga masyarakat  kepada pemerintah  disaksikan Asisten III Setda Kab. Jayapura dan Bappeda Kab. Jayapura, yaitu sebidang tanah disamping Kantor Kampung Homfolo untuk digunakan sebagai fasilitas kesehatan.

  Diharapkan dengan hibah aset ini, Puskesmas Pembantu ini dibangun guna mendekatkan layanan kesehatan ke kampong,  sehingga masyarakat Homfolo tidak perlu keluar biaya ke Puskesmas Ebungfauw atau ke Sentani agar mendapatkan pelayanan kesehatan.

  Sekedar diketahui, hadir dalam pertemuan ini, Direktur Program USAID yaitu Mr. Jeff Cohen, Pejabat dan Staf Khusus Menteri Bappenas/PPN, Kementerian Keuangan, WVI, Bapperida Provinsi Papua, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Perangkat Daerah Kabupaten Jayapura, Perangkat Distrik dan Kampung serta para local champion di beberapa kampung lokus kegiatan.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version