Site icon Cenderawasih Pos

Aman Natal dan Tahun Baru, Polres Merauke Turunkan Kekuatan 150 Personel 

Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan, SIK saat pasang pita tanda dimulainya operasi lilin dalam rangka pengamanan Natal  dan Tahun Baru di Lapangan Apel Mapolres Merauke, Kamis (21/12/2023)  (foto:Sulo/Cepos )

MERAUKE  Dalam rangka mengamankan Natal dan Tahun Baru, Polres Merauke melakukan apel gelar pasukan di Lapangan Apel Mapolres Merauke, Kamis (21/12/2023).

Apel  pasukan ini tidak hanya diikuti personel Polres Merauke namun juga dari Batalyon Brimob D Merauke, Kodim 1707/Merauke, Lantamal,  Lanud, Satpol PP, Basarnas dan Perhubungan Kabupaten Merauke. Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan, SIK, membacakan langsung amanat Kapolri dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun baru tersebut.

Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan, SIK melalui Kabag Ops AKP Jerry Koagouw, SH, MH, kepada wartawan seusai pelaksanaan apel tersebut menjelaskan, jumlah personel yang dilibatkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru yang dimulai Jumat 22 Oktober 2023 sebanyak 150 personel.  Jumlah ini belum termasuk  dari backupan TNI, Satpol PP, Perhubungan dan instansi lainnya.      

     ‘’Personel yang diturunkan ini akan menempati  6 pos yakni 2 pos pelayanan di Bandara dan Pelabuhan. Sedangkan 4 pos pengamanan, pertama di Libra, kedua Pasar Wamanggu, ketiga di      Kuprik, dan Keempat di persimpangan Jalan  Ahmad Yani depan Toko Seyum 5.000,’’ jelasnya.    

Dalam operasi lilin ini, lanjut Kabag  Ops, bagaimana pengamanan Natal dan tahun baru aman dan kondusif untuk wilayah Merauke. Dalam wilayah Kota Merauke tercatat 29 gereja dan semuanya akan  mendapatkan pengamanan selama pelaksanaan ibadah natal dan tahun baru di  seluruh gereja tersebut.

Pihaknya juga, lanjut Kabag Ops, akan meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak membunyikan kembang api pada saat Umat Kristiani sedang ibadah perayaan Natal. ‘’Tentunya,m kita minta seluruh masyarakat  untuk tidak membunyikan kembang api terutama yang berada dekat rumah ibadah karena akan menggunggu konsentrasi orang yang sedang ibadah,’’ tandas.

  Sementara itu,  Danyon Brimob D Pelopor Polda Papua Merauke Kompol Suparmin  menjelaskan bahwa sebelum perayaan Natal tersebut dimulai,  pihaknya akan melakukan  melakukan sterisasi di rumah-rumah ibadah. ‘’Kami sudah siap. Tinggal tunggu perintah dari Pak Kapolres. Kalau  sterisasinya tanggal 24 Desember maka kita akan lakukan tanggal itu. Jadi menunggu perintah saja,’’ pungkasnya. (ulo)    

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version