Site icon Cenderawasih Pos

Konsolidasi Internal dan Eksternal Jadi Prioritas Kapolres Baru Merauke

Kapolres Merauke AKBP I Ketut Suaryana, SH, SIK saat tiba di Merauke dan disambut tradisi   pedangpora. (foto:Sulo/Cepos)   

MERAUKE– Agar pelaksanaan tugas berjalan dengan baik, Kapolres Merauke AKBP I Ketut  Suaryana, SH, SIK  langsung melakukan konsolidasi ke dalam dan tentunya juga secara eksternal melakukan komunikasi dan koordinasi.

  Ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (13/1) mantan Kapolres Nabire tersebut mengungkapkan bahwa sebagai pejabat baru di Merauke tentunya terlebih dahulu melakukan koordinasi dan konsolidasi baik secara internal maupun sevara eksternal.

  ‘’Di hari pertama setelah masuk ke Mako Mapolres Merauke, tentunya kami melakukan konsolidasi  kedalam terlebih dahulu. Itu sudah kami lakukan kemarin dengan perwira dan anggota.” Ungkapnya,

   Kemudian, lanjut Kapolres, pihaknya juga akan   mempelajari kondisi dan situasi sumber daya yang ada. Karena sumber daya yang ada inilah kita bisa melakukan pekerjaan. Apa itu sumber daya yang ada di Polres Merauke ini terdiri dari sumber daya manusianya kemudian anggarannya  dan sarana prasana pendukung yang ada.

  “Kami harus pelajari itu dulu bagaimana kondisinya sudah mantap atau belum sehingga anggota bekerja sesuai dengan tugasnya di lapangan,’’ kata perwira menengah dengan 2 bunga di pundaknya tersebut.

   Setelah konsolidasi  ke dalam, jelas Kapolres,   pihaknya tentunya  harus menjalin kerja sama dan koordinasi dengan instansi terkait. Karena menurutnya, instansi terkait ini sangat penting, sebab   instansi terkait tersebut banyak memiliki peran penting dalam mencapai kesuksesan tugas-tugas kepolisian dalam menjaga Kamtibmas.   

  “Ada TNI, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan, organisasi kepemudaan, termasuk teman-teman media. Banyaklah. Kemudian Forkopimda. Ada pengadilan, kejaksaan, DPR, dan semuanya saling terkaitan. Komandan-komandan satuan apabila bila kita tidak mampu dan memerlukan bantuan kekuatan kepada teman-teman TNI sehingga kita minta bantuan,’’ jelasnya.

   Komunikasi dan koordinasi tersebut , ungkap dia, baru di mulai dari Pengadilan dan Komandan Marinir. Sedangkan komandan satuan lainnya dan pimpinan  instansi terkait dan para tokoh yang ada  tersebut belum sempat dikunjungi karena kesibukan. ‘’Tapi  ini yang kami jajaki dalam jangka pendek ini dengan menemui para pimpinan instansi dan komandan satuan serta para tokoh yang ada tersebut,’’ tandasnya. (ulo/tri)    

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version