Site icon Cenderawasih Pos

Pendaftaran CPNS Papsel Ditutup, Total Pelamar Capai 12.909 Orang 

Alberth A. Rapami

MERAUKE  Setelah sempat diperpanjang selama 4 hari, pendaftaran  Calon Pegawai Negeri Sipil  di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Selatan ditutup pada Rabu (11/9) pukul 01.59 WIT dinihari atau Selasa (10/9) pukul 23.59 Waktu Indonesia Barat.

‘’Tadi pagi dinihari  resmi ditutup. Kalau waktu Indonesia Barat masih masuk Selasa sekitar pukul 23.59 WIT. Tapi kalau kita waktu Indonesia Timur sudha masuk Rabu sekitar pukul 01.59 WIT,’’ kata Kepala Badan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Papua Selatan  Drs. Alberth A. Rapami , ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/9).

    Alberth Rapami menjelaskan bahwa  setelah  ditutup tersebut, maka total  pelamar yang telah membuat akun sebanyak  13.708. Namun yang sudah resmi mendaftar  dengan memasukan dokumen persyaratan atau sudah summit dokumennya di SSCASB sebanyak 12.909 pelamar. Dengan rincian untuk Orang Asli Papua sebanyak 7.523 dan non  orang asli Papua sebanyak 5.386 orang.

‘’Mulai hari ini  kami mulai verifikasi dokumen,’’ katanya.

Sesuai dengan jadwal yang ada, verifikasi dokumen ini akan berlangsung sampai 17 September 2024. Namun mengingat jumlah pendaftar yang  dokumennya akan diverifikasi tersebut  cukup banyak dengan tenaga verivikator hanya 10 orang sehingga pihaknya  meminta perpanjangan waktu selama 10 hari ke BKN RI.

‘’Kami minta perpanjangan  waktu selama 10 hari mengingat jumlah dokumen yang akan diverifikasi  cukup banyak. Dengan tenaga hanya 10 orang dan  tiap hari setiap verifikator maksimal bisa  verifikasi 50 pelamar maka waktu yang ada  tidak cukup, sehingga kami meminta perpanjangan 10 hari lagi kedepan,’’ jelasnya.

   Yang diverifikasi tersebut, kata dia, diantaranya jika pelamar tersebut non OAP namun masuk di OAP maka langsung dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Kemudian  pelamar non OAP yang tidak di Papua kurang dari 3 tahun juga langsung dinyatakan TMS.

‘’Begitu juga  mislanya  sudah masuk di OAP atau non OAP tapi yang dilamar tidak sesuai dengan  latar belakang pendidikanya maka itu juga langsung  TMS,’ tandasnya.

Untuk diketahui, jumlah kuota penerimaan CPNS Pemprov Papua Selatan tahun 2024 sebanyak 1.000 orang dengan rincian  80 persen atau 800 orang yang akan diterima adalah  Orang Asli Papua dan 20 persen atau 200 lainnya adalah non Papua.  (ulo/wen)   

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version