Site icon Cenderawasih Pos

Promosi Perdagangan Luar Negeri Kopi Papua

Suasana kesiapan BI membawa kopi Papua yang diproduksi oleh Highland Roastery ke SCAJ World Specialty Coffee Conference and Exhibition di Tokyo, Rabu (2/10). (BI for Cepos)

JAYAPURA – Setelah sukses mengenalkan kopi Papua ke mata dunia, bahkan secara rutin melaksanakan Festival Kopi Papua hingga penjualan ekspor. Kali ini, BI Papua akan membawa kopi Papua yang diproduksi oleh Highland Roastery ke SCAJ World Specialty Coffee Conference and Exhibition di Tokyo tanggal 9 – 11 Oktober 2024.

Kepala KPw BI Papua, Faturachman mengatakan kegiatan ini merupakan sinergitas dengan KBRI Tokyo, ITPC Osaka dan Indonesia House of Beans Tokyo.

“Diharapkan brand awareness kopi Papua tidak hanya semakin kuat, tetapi juga tercipta berbagai kesepakatan transaksi dagang yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani kopi Papua, ” kata Faturachman kepada Cenderawasih Pos, dalam rilisnya, Rabu (2/10).

Faturachman mengaku dengan tampilnya kopi Papua di event Internasional, merupakan salah satu dukungan berkelanjutan Bank Indonesia terhadap pengembangan UMKM dan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Menurutnya, berbekal keunikan yang dimiliki, pengembangan kopi Papua perlu terus dilakukan secara bersinergi dengan berbagai stakeholders dalam skema pentahelix meliputi pemerintah dan BI, komunitas kopi, akademisi, pelaku usaha, dan media.

“Rangkaian kegiatan pengembangan kopi yang dilakukan KPw BI Papua telah dimulai dari sensory bootcamp pada tanggal 19-21 Juni 2024, yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan, kompetensi dan technical skill pegiat kopi di Papua dalam menghasilkan dan menyajikan kopi berstandar internasional,” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh pegiat kopi seluruh provinsi di tanah Papua, kecuali Papua Selatan. Selanjutnya, KPw BI Papua bersama Highland Roastery melakukan promosi perdagangan luar negeri dan inisiasi ekspor pada kegiatan World of Coffee (WoC) Copenhagen pada tanggal 27 – 29 Juni 2024 dengan hasil transaksi sebesar Rp1,45 miliar.

“WoC merupakan pameran perdagangan kopi paling bergengsi di tingkat Internasional yang menghubungkan produsen kopi dengan distributor dan konsumen dunia,” terangnya.

Setelah pelaksanaan WoC, KPw BI Papua membawa 4 UMKM pada Karya Kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta pada tanggal 1 – 4 Agustus 2024 yaitu Noken Anniya, Sambal Baba, Highland Roastery, dan Kakao Kita Papua.

Selain itu, terdapat 16 UMKM yang mengikuti KKI online salah satunya Ririens Food, Butik Mamayoo, dan Starmount Coffee. Adapun total penjualan dari seluruh UMKM Papua pada KKI 2024 mencapai Rp 973 juta yang terdiri dari penjualan offline dan online.

BI Papua juga mengeklaim bahwa Festival Kopi sebagai Strategic Flagship Event Kopi terbesar di wilayah Sulawesi Maluku dan Papua telah dilaksanakan oleh KPw BI Papua pada tanggal 14-18 Agustus 2024 lalu.

Yang mana kegiatan ini mengikut sertakan 44 UMKM dan 10 instansi. Dengan total transaksi mencapai Rp 1 miliar. Tidak hanya transaksi domestik pada lokasi kegiatan semata, tetapi juga terdapat transaksi penjualan ekspor oleh Highland Roastery sebesar 600kg ke Jepang. (ana/fia)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version