Site icon Cenderawasih Pos

Harga ikan Mulai Naik, Udang Sarmi Masih Murah

Penjual ikan di Pasar Youtefa Kotaraja saat melayani pembeli, Selasa (1/6). ( FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Sudah 3 hari ini harga ikan laut mulai mengalami kenaikan. Akibat pengaruh hujan dan gelombang air laut yang tinggi.

 Burhan selaku penjual ikan laut di Pasar Ikan Hamadi mengatakan, harga ikan laut seperti cakalang, ekor kuning, kawalina, salam mengalami mengalami kenaikkan. 

 ”Ikan ekor kuning ukuran sedang kini sudah naik menjadi Rp 110 ribu/ekor dari sebelumnya hanya Rp 80 ribu/ekor. Ikan cakalang ukuran sedang kini menjadi Rp 90 ribu /ekor dari sebelumnya hanya Rp 60 ribu/ekor dan ikan salam dari Rp 10 ribu/ ekor naik menjadi Rp 15 ribu-Rp 20 ribu/ ekor.

 Namun untuk udang kiriman dari Sarmi masih cukup murah dibanding sebelumnya karena masih Rp 65 ribu /kg, hingga Rp 75 ribu/kg. 

 “Harga ikan laut memang rata-rata naik, akibat pengaruh gelombang air laut yang tinggi dengan adanya hujan yang beberapa hari ini terjadi di wilayah Jayapura. Tapi untuk harga udang Sarmi masih cukup murah tidak sampai Rp 90 ribu-Rp 100 ribu,”ungkapnya, Selasa (1/6).

 Hal senada juga dikatakan Alam penjual ikan laut di Pasar Ikan Hamadi, bahwa harga ikan laut kini mulai mengalami kenaikan akibat pengaruh gelombang air laut yang tinggi. Walaupun demikian, pengunjung masih banyak yang membeli karena harganya tidak semahal dulu. 

 ”Harga ikan laut memang tidak bisa diprediksi dan setiap saat bisa berubah. Seharusnya jika memang saat hasil tangkapan ikan laut melimpah bisa disimpan di coolstorage. Jadi saat ikan sulit di dapat maka ikan yang disimpan di coolstorage bisa dikeluarkan untuk dijual dengan harga normal demi menjaga kestabilan harga,”tandasnya. (dil/ary)

Exit mobile version