Site icon Cenderawasih Pos

Upacara Bendera HSN 2023 Tingkat Provinsi Papua Digelar di Sentani

Para santri saat mengikuti upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi Papua  yang diselenggarakan di Kabupaten Jayapura berlangsung di Lapangan apel Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah, Sentani, Senin(23/10)kemarin. (Priyadi/Cepos)

SENTANI-Upacara Bendera dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 tingkat Provinsi Papua diselenggarakan di lapangan kompleks Kantor Bupati Kabupaten Jayapura, Senin (23/10).

Bupati Jayapura diwakili Sekda Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.K.P., bertindak selaku Pembina Upacara HSN 2023 yang bertemakan “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Pdt. Klemens Taran, S.Ag, FORKOPIMDA Kabupaten Jayapura, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Papua Drs. H. Syamsuddin, MM, Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Provinsi Papua Drs. Hamzah, M.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura Steven A. Wonmaly, S.Sos, MAP dan Subkoordinator pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Bidang Pendis Kanwil Kemenag Provinsi Papua M. Muzakir A, S.Pd.I.

Presiden melalui amanat yang dibacakan Hana Hikoyabi mengatakan sudah terbukti santri adalah pilar kekuatan bangsa dan santri adalah fondasi kekokohan bangsa.

“Sejak zaman perjuangan kemerdekaan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, kita memiliki lebih dari 36 ribu pondok pesantren. Sebuah kekuatan besar penentu masa depan bangsa, penentu lompatan kemajuan bangsa dan penentu keberhasilan cita-cita bangsa,”ungkapnya.

Dalam amanat tersebut, Hana juga menyampaikan bahwa semangat Hari Santri harus terus dipegang teguh sesuai dengan konteks saat ini, di mana juga ada krisis ekonomi akibat perang dan adanya krisis energy.

Selanjutnya, informasi penting juga disampaikan berkenaan dengan kuota haji Indonesia yang baru saja ditambahkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Di temui usai pelaksanaan upacara, Kakanwil Klemens Taran mengapresiasi pelaksanaan upacara HSN 2023 tingkat Provinsi Papua yang berjalan lancar.

Kakanwil juga menambahkan bahwa perkembangan santri dari waktu ke waktu mengalami peningkatan. “Kementerian agama baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota ada bidang teknis khusus pondok pesantren yang menanganinya, dan sejauh ini tertangani dengan baik. Dari waktu ke waktu pesantren terus mengalami peningkatan kualitas dan persaingan. Terbukti event-event pondok pesantren baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional, santri kita selalu ikut berpartisipasi dan perkembangannya sangat baik,” tambahnya.

Peserta upacara merupakan ASN dan tenaga honorer dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura, Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Keerom, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sarmi, serta perwakilan guru dan santri/santriwati dari pondok pesantren se-Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.(dil/ary)

Exit mobile version