Site icon Cenderawasih Pos

Inovasi Membangun Negeri ala  Pemkot Jayapura, Raih penghargaan

Pj Walikota Jayapura saat menerima penghargaan di Jakarta, Jumat (20/9), malam. (Foto Humas Pemkot)

JAYAPURA– Pemerintah Kota Jayapura terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di kota Jayapura melalui inovasi-inovasi yang dilakukan terutama dalam bidang pendidikan kesehatan dan layanan sosial lainnya.  Baru-baru ini Pemerintah Kota Jayapura itu mendapatkan penghargaan kategori inovasi membangun negeri yang diberikan langsung oleh pihak TV One.

Penghargaan ini tidak serta-merta  diberikan oleh pihak TV One.  Tetapi sebelumnya tim TV One telah turun langsung ke Jayapura kota Jayapura untuk memantau langsung dua  potensi  di Kota Jayapura, terutama bidang pendidikan dan  sektor pariwisata. Penjabat Walikota Jayapura, Christian Sohilait mengapresiasi pihak yang telah memberikan penghargaan kepada kerja-kerja ataupun inovasi yang dilakukan oleh pemerintah kota Jayapura itu.

Dengan adanya penghargaan itu tentunya pemerintah pusat  juga bisa melihat dan tahu bahwa perkembangan pembangunan tidak hanya terjadi di wilayah barat tetapi juga di wilayah Indonesia bagian timur.  Dengan demikian tentunya pemerintah juga bisa melihat sisi mana yang perlu ditingkatkan atau diperhatikan untuk menjadi lebih baik kedepannya.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada TV One, ternyata lirikan mata mereka tidak saja ke barat tetapi juga ke Timur, ini persembahan yang luar biasa untuk masyarakat Papua, di momentum Pilkada tahun 2024” kata Sohilait, Sabtu (21/9).

Dia mengatakan ada dua kategori yang dipilih dan dipantau langsung oleh pihak TV One selaku penyelenggara atau penggagas. Menurut dia kategori pendidikan dan pariwisata itu sebenarnya sesuatu yang riil yang sedang terjadi di kota Jayapura saat ini.  Meski diakui perkembangan mutu dan kualitas pendidikan di kota Jayapura memang tidak semuanya baik terutama daerah-daerah yang ada di pinggir kota yang masih memiliki banyak kekurangan terutama terkait dengan ketersediaan sarana dan prasarana.

“Kategori yang dipilih memang sesuatu yang real hari ini sedang terjadi,  pendidikan  hari ini  menjadi masalah besar dan kita perangi hari-hari itu, hanya pendidikan,  tetapi pariwisata itu merupakan potensi real, sumber daya alam yang hari ini kita punya,  karena itu TV One memberikan apresiasi untuk dua kategori yang luar biasa ini,”ujarnya.

Di kota Jayapura sendiri ada 5 distrik dan ada sejumlah lembaga pendidikan yang terbangun di sana, namun pemerataan kualitas sarana prasarana dan SDM di sekolah-sekolah Ini juga masih menjadi perhatian utama pemerintah kota Jayapura.  Program-program yang mulai dilakukan misalnya dengan terus mendorong digitalisasi untuk semua jenjang pendidikan kemudian adanya pemberian dana BOS dari pusat yang sifatnya merata dan juga pemerintah kota mendorong biaya operasional melalui BOS daerah.

Melalui ketersediaan anggaran dari pemerintah kota Jayapura ini ingin menjawab beberapa persoalan mulai dari digitalisasi supaya anak-anak tidak gagal teknologi kemudian peningkatan kapasitas guru.

“Terakhir itu sarana dan prasarana, saat ini kita banyak permasalahan kita benahi,  kalau tidak akan menjadi masalah, karena satu sekolah itu tidak hanya siapkan infrastruktur tetapi kelengkapan sarana prasaranya  untuk mendukung kegiatan belajar mengaja, itu harus disiapkan dengan baik,”ungkapnya.

Sehubungan dengan potensi wisata Kota Jayapura, juga tidak kalah indah dengan wilayah lainnya di Papua. Misalnya kehadiran Jembatan Merah Yotefa yang saat ini sudah menjadi salah satu ikon di Kota Jayapura, termasuk pariwisata hutan bakau dan beberapa potensi wisata lainnya di Kota Jayapura.(roy/ade).

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version