Site icon Cenderawasih Pos

Tuntaskan Janji, Bupati Gusbager Resmikan Sekolah Satap dan Puskesmas Terfones

Bupati Keerom, Piter Gusbager didampingi Ketua TP PKK Keerom, Ny. Angela TH Frank Gusbager dan Sekda Keerom Trisiswanda foto bersama Nakes di Puskesmas Terfones usai peresmian Puskesmas Terfones, Sabtu (9/12). (foto:Mustakim Ali/Ceposonline.com)

KEEROM-Dalam pemerataan pembangunan khususnya bidang kesehatan dan pendidikan, Bupati Keerom, Piter Gusbager, S.Hut., MUP., melakukan kunjungan ke Kampung Terfones, Distrik Towe, Jumat (08/12).

Dalam kunjungan kerjanya, Bupati Piter Gusbager didampingi, Sekda Keerom, Trisiswanda Indra, ketua TP-PKK Keerom, Ny. Angela TH Frank Gusbager, anggota DPRD Keerom, Yahya Sauri, OPD terkait dan pihak terkait lainnya disambut meriah warga yang diiringi tarian adat khas kampung Terfones.

Dalam kunjungannya kali ini, Bupati Gusbager  bersama rombongan bermalam di Kampung Terfones selama dua hari.

Ada beberapa agenda yang dilakukan dalam kunjungan  ke Kampung Terfones tersebut di antaranya, meresmikan Puskesmas dan Sekolah Satu Atap (Satap) berpola asrama yang disertai penyerahan sejumlah bantuan.

Bantuan yang diserahkan di antaranya, sepeda motor untuk sekolah Satap dan  Puskesmas masing-masing 1 unit dan 1 unit mobil untuk Kampung Terfones.

Bantuan lain yang diserahkan berupa ratusan paket sembako, tas dan seragam sekolah, 5 unit laptop untuk guru-guru, bantuan perlengkapan bayi, tambahan gizi untuk bayi dan ibu hamil dari PKK Keerom dan  bantuan lainnya.

Terkait peresmian gedung sekolah satu atap, Bupati Piter Gusbager menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat, khususnya masyarakat kampung Terfones yang sudah mendukung pemerintah dalam proses pembangunan gedung sekolah hingga tuntas.

“Saat ini saya hadir bersama rombongan untuk meresmikan, Puskesmas dan gedung sekolah pola asrama. Saya berharap masyarakat untuk menjaga dan merawat aset-aset penting ini tidak lain untuk kepentingan masyarakat Terfones sendiri. Dengan gedung sekolah yang baru dan megah ini diharapkan bisa memicu semangat anak-anak Terfones untuk tekun belajar,” ujar Bupati.

Bupati berharap, suatu saat anak-anak atau generasi kampung Terfones bisa menjadi orang-orang “besar” dan memimpin Kabupaten Keerom ke depannya.

“Mimpi saya, suatu saat nanti generasi kampung Terfones ada yang menjadi bupati, Sekda, Kapolres, Dandim untuk memimpin negerinya sendiri yaitu kabupaten keerom. Untuk itu saya berharap dukungan dari orang tua agar anak-anak ini bisa belajar dengan giat dan kelak akan menjadi orang-orang hebat,” pintanya.

Untuk diketahui bahwa Sekolah Satu Atap Terfones terdiri dari dua ruang asrama, tiga ruang SMP dan tiga ruangan untuk SMA/SMK dengan total anggaran kurang lebih Rp 2,8 miliar yang bersumber dari dana Otsus.

Sedangkan untuk pembangunan Puskesmas Terfones yang dibangun sejak tahun 2021, menelan anggaran sebesar Rp 9 miliar lebih.

Dengan diresmikannya Puskesmas ini, Bupati Gusbager meminta agae segera dioperasikan untuk melayani masyarakat.

“Untuk Puskesmas setelah diresmikan harus segera beroperasi, supaya masyarakat kampung Terfones bisa mendapatkan layanan kesehatan, yang lebih baik,” tegasnya.

“Sekolah dan Puskesmas ini merupakan janji saya waktu kunjungan tahun 2020 lalu. Saat itu saya sebagai Wakil Bupati Keerom, dan hari ini saya menuntaskan janji tersebut. Saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat karena sudah bersabar hingga saat ini,” lanjutnya.

Terkait bantuan 2 unit motor, 1 unit mobil dan 5 unit laptop, Bupati Gusbager berharap bisa menunjang operasional baik guru, petugas Puskesmas dan masyarakat kampung.

Khusus bantuan mobil, Bupati Gusbager menegaskan agar dirawat dan digunakan untuk mobilisasi aktivitas perekonomian masyarakat kampung dan tidak dipergunakan untuk keperluan yang lain-lain.

“Untuk kendaraan yang kita serahkan harus dirawat baik! Gunakan untuk kepentingan masyarakat umum khususnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak penting,” ungkapnya.

Keesokan harinya, Sabtu (9/12) Bupati Gusbager dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Kampung Tefalma 1, Distrik Kaisenar.

Dalam kunjungan tersebut, selain mendengar aspirasi masyarakat, Bupati Gusbager juga menyerahkan sejumlah bantuan di antaranya, 10 unit solar cel untuk penerangan fasilitas umum dan untuk masyarakat, ratusan paket sembako, tas dan seragam sekolah, perlengkapan olahraga untuk pemuda, 2 unit motor untuk Ondoafi kampung Tefalma  Satu dan Kaisenar. Alat timbang dan perlengkapan persalinan dari TP-PKK Keerom dan sejumlah bantuan yang lainnya.

Bupati juga meninjau langsung beberapa fasilitas seperti sekolah,  kantor kampung dan gereja.

Dalam arahannya, Bupati Gusbager meminta kepada masyarakat untuk bersatu dan bersabar dalam mendukung program pemerintah.

“Kampung ini maju tidak bisa kalau hanya bupati yang bangun, tapi kita semua bersatu baik adat, gereja, pemerintah dan secara bersama-sama bangun kampung ini,” ujar Bupati Gusbager di hadapan masyarakat.

Dalam kunjungannya Bupati Gusbager juga  memastikan semua fasilitas umum berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing mulai dari pemerintahan kampung, sekolah-sekolah, layanan kesehatan dan yang lainnya.

“Saya hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mendengar dan melihat langsung kondisi kampung dan masyarakat, juga untuk memastikan apakah pemerintahan kampung di sini berjalan atau tidak, saya harus pastikan itu,” bebernya.

“Untuk membangun Kampung Tefalma 1 dan Tefalma 2 saya akan bawa TMMD tahun 2024 ke sini, untuk membangun dua kampung ini. Termasuk sekolah yang kondisinya sudah mulai rusak. Terkait bantuan mobil untuk kampung Tefalma 1 dan Tefalma 2 akan kita serahkan tahun depan. Saya berharap masyarakat tetap bersabar,” lanjut Bupati Gusbager setelah mendengar aspirasi masyarakat.

Khusus sekolah, selain membangun gedung baru, Bupati Gusbager menyamapikan akan mengirimkan tambahan guru  karena menurut masyarakat saat ini hanya tersisa dua orang guru.

Di tempat yang sama, Ondoafi Kampung Tefalma, Harun Rilef menyampaikan apresiasi kepada Bupati Gusbager dan rombongan yang sudah mengunjungi kampungnya.

“Terima kasih banyak bapak bupati, kami sangat merindukan kehadiran bapak di kampung kami yang sangat jauh ini. Suatu kebanggaan akhirnya bapak bupati bisa hadir dan mengunjungi kami di daerah pelosok ini,” ujar Ondoafi Harun Rilef.

Ondoafi juga meminta agar pemerintah dalam hal ini Bupati Keerom bisa menjawab apa yang sudah masyarakat sampaikan terkait kondisi dan kebutuhan kampung juga warga.(Ceposonline.com/nat)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version