Site icon Cenderawasih Pos

84 Mahasiswa Uningrat Papua Diwisuda

Rektor Uninggrat Papua, Muhammad Husni Inggratubun, bersama Forkopimda  foto dengan Mahasiwa lulusan dengan Predikat Cumlaude di Hotel Suni Abepura, Jumat (8/3). (foto: Karel/Cepos)

JAYAPURA– 84 Mahasiswa/i Universitas Doktor Husni Inggratubun (Uningrat) Papua resmi diwisuda dalam rapat  senat terbuka Uninggrat Papua, di Hotel Suni Abepura, Jumat (8/3) kemarin

  Rektor Uninggrat Papua, Muhammad Husni Inggratubun menyampaikan rapat senat terbuka dan wisuda Progam magister dan sarjana itu merupakan wisuda perdana pasca alih status Uningrat Papua dari Sekolah Tinggi Umel Mandiri.

  Adapun mahasiwa yang diwisuda terdiri dari 31 orang Magister Hukum, 8 orang Sarjana Ilmu Komputer dan S1 sarjana hukum 46 orang.  “Yang wisuda ini masih alumni ST Umel Mandiri, bbaik yang S2 maupun S1,” kata Husni.

  Penundaan wisuda dari alumni ST Umel Mandiri kata dia, karena proses transmigrasi Uningrat Papua dari ST Umel Mandiri membutuhkan proses yang cukup lama. Sehingga di moment Dies Natalis Uninggrat yang ke XXII tahun ini, barulah diwisuda.

   “Kita targetnya tahun 2024 ini sekitar bulan November atau Desember akan ada wisuda lagi untuk yang lulus tahun ini,” ungkapnya.

   Diapun mengatakan Uningrat Papua telah membuka progam studi (Prodi) baru, diantaranya Prodi Sistem Informasi, Pendidikan Bahasa Inggris, PGSD, Akuntansi, dan Agribisnis. Selain itu untuk Prodi S2 pihaknya telah membuka Prodi Magister Hukum dan Notaris. Kemudian mereka juga sedang merancang membuka Prodi S1 Keperawatan dan Ners.

   “Semuanya kami (Uninggrat red) miliki, dan untuk dosen juga banyak yang bergelar doktor,” bebernya.

   Lebih lanjut dia sampaikan untuk perkembangan Kampus Uningrat, saat ini mereka sedang merancang masterplan pembangunan gedung kampus Uningrat Papua. Pihaknya berencana membangun Gedung Kampus Uninggrat Papua dengan 8 lantai.  “Kenapa 8 lantai, karena tanggal lahirnya universitas ini tepat tanggal 8,” jelasnya.

Untuk fasilitas, Kampus Uningrat Papua kata Husni dibangun dengan desain yang berbeda dari perguruan tinggi yang lain di Papua. Dimana pada bagian lantai dasar dibangun untuk pusat bisnis. Kemudian di lantai ujung bagian atas akan dibangunkan Masjid.

  “Nanti untuk dilantai dasar (pusat bisnis red) dikomersilkan, siapapun bisa buka buka usaha disitu,” ujarnya.

   Menurutnya,  saat ini Uningrat Papua sedang membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru. Sehingga bagi masyarakat di Papua dapat mendaftar mulai dari sekarang. “Uningrat ini terbuka untuk siapapun, jadi silahkan datang mendaftar di Kampus yang terletak didepan Perpustakaan Daerah di Kotaraja Distrik Abepura,” imbuhnya.

   Sementara itu kepada para lulusan Husni berpesan agar ilmu yang didapat selama menggemban di Uningrat Papua, dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Tapi juga, yang paling penting kata dia, para lulusan dapat hidup ditengah masyarakat dengan menunjukan jati diri sebagai seorang sarjana.

   “Artinya ilmu yang didapat selama 4 tahun di kampus, itu tidak cukup memberikan warna sebagai seorang sarjana, tapi saya harap mereka bisa mensarjanaakan diri ditengah masyarakat,” harapnya.

   Sebab menurutnya pengakuan sarjana bukan dilihat dari nilai yang diperoleh dari kampus namun pembawaan diri sangat penting dalam kehidupan sosial bersama masyarakat.

“Harus lebih banyak belajar dengan kehidupan yang ada dimasyarakat, jadi sarjana yang baik, sehingga bisa diterima ditengah masyarakat,” pesannya.

Sementara itu ditempat yang sama Ketua Yayasan Umel Mandiri, Bahrudin Saleh Ingratubun, mengatakaan manusia unggul adalah manusia yang sehat, cerdas, produktik berdaya saing, berakhlak mulia, dan berkomitmen kebangsaan.

Untuk itu, kuncinya terletak pada aspek pendidikan adapun dua faktor esensial terkait penciptaan sumber daya manusia unggul, yaitu sumber daya manusia yang memahami ilmu agama, dan sumber daya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Keduanya haruslah berjalan beriringan dan saling melengkapi.

“Kami harap segala ilmu, pembelajaran bekal, serta pengalaman yang telah diserap selama ini dapat optimal diamalkan  untuk membenarkan kemaslahatan orang banyak,” harapnya.

Diapun juga berpesan agar para lulusan kedepannya terus meningkatkan kompetensi, inovasi, serta kualitas dan , Keativitas sebagai wujud nyata tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, bangsa, negara, dan umat. Teruslah berkarya, berkarya dengan potensi.

“Teruslah berusaha dan bekerja lebih keras demi keberhasilan serta terus menjadi pribadi yang bermanfaat,” pungkasnya.

   Sidang senat terbuka Uninggrat Papua 2024 itu dihadiri oleh Kapolda Papua Matias D. Fakhiri, serta forkopimda dan tamu undangan lainnya. (rel/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version