Site icon Cenderawasih Pos

Velix Wanggai : Kunjungan Wapres ke Papua Pegunungan Spirit Baru Kepada DOB

Wapres Ma’ruf Amin, didampingi Pj Gubernur Papua Pegunungan Velix Wanggai, Ibu Hj Wury Ma'ruf Amin dan Ibu Hj Herwin Wanggai saat menyapa para pengrajin noken dan karya seni lokal. (Foto Pemprov Papua Pegunungan)

Dari Lembah Baliem, Wapres RI Berpesan untuk Membangun Rumah Besar Papua Pegunungan dengan Prinsip Kasih Antarsesama

JAYAPURA – Kunjungan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menginjakkan kaki pertama kalinya di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan pada Rabu (5/6)  2024. Dengan demikian, telah genap 6 provinsi di tanah Papua dikunjungi Wapres sejak akhir Desember 2022 hingga 5 Juni 2024.

Sebagai Ketua Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP), yang anggotanya juga Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Menteri Keuangan. Kehadiran Wakil Presiden bertujuan untuk memastikan langkah langkah konsolidasi percepatan pembangunan tanah Papua di tahun 2024. Memetakan kendala yang dihadapi dalam konsolidasi tersebut, serta menyiapkan kerangka fondasi untuk pengelolaan Papua bagi pemerintahan baru pasca Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024 lalu.

Saat bertemu dengan pemerintah daerah Papua Pegunungan, pimpinan Majelis Rakyat Papua (MRP), dan tokoh-tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta tokoh pendidikan. Wapres menyampaikan bahwa wilayah Laa Pago telah menjadi perhatian dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020 -2024 dengan berbagai proyek prioritas lintas sektor.

Penandatanganan prasasti

Pj Gubernur Papua Pegunungan, Velix Wanggai, mengatakan Wapres sangat menyadari tantangan dalam membangun di wilayah pegunungan dengan kondisi geografis dan topografis yang sulit. Penduduk yang terpencar di gunung, lembah-lembah dan aksesibilitas antarwilayah yang terbatas.

“Dengan berdirinya Provinsi Papua Pegunungan, pemerintah semakin fokus untuk merumuskan strategi pembangunan yang sesuai dengan kearifan lokal dan konteks wilayah yang diharapkan rakyat akan semakin mudah mengakses pelayanan publik,” ucap Velix, dalam rilis yang dikirimnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (7/6).

Kunjungan Wapres ke Papua Pegunungan menurut Pj Gubernur Velix Wanggai, sebagai sebuah spirit baru kepada Daerah Otonom Baru (DOB) untuk memperkuat konsolidasi percepatan pembangunan Papua Pegunungan.

“Di kesempatan ini, Wapres melakukan pencanangan beberapa proyek prioritas nasional dan provinsi Papua Pegunungan,” kata Velix.

Kegiatan itu diantaranya perpanjangan run way bandara Wamena, pembangunan jalan Trans Papua segmen Elelim – Benawa 50 Km dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), pembangunan gedung VIP bandara Wamena, pembangunan kawasan sentra pangan di Jayawijaya dan Yahukimo, pembangunan air bersih Jayawijaya dan pembangunan listrik 24 jam di Kabupaten Lanny Jaya, khususnya di Kota Tiom.

“Harapannya, berbagai kegiatan prioritas tersebut, berguna untuk mempercepat penurunan inflasi dan kemahalan harga, mendorong pergerakan ekonomi komoditas dan memperlancar pelayanan sosial dasar di berbagai kabupaten di Papua Pegunungan,” jelas Velix Wanggai.

Dalam kunjungan Wapres ke wilayahnya, Velix Wanggai menyebut ada beberapa pesan dari Pak Wakil Presiden. Pesan tersebut adalah pentingnya pemetaan wilayah secara tepat di wilayah Provinsi Papua Pegunungan. Di mana masing-masing kabupaten memiliki potensi dengan keunikan tersendiri.

Sebagaimana Wapres yang juga Ketua BP3OKP, memberikan contoh agar Pemprov Papua Pegunungan rumuskan peran Kabupaten Pegunungan Bintang di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini, peran Kabupaten Yahukimo sebagai pintu gerbang dari selatan Papua, peran Kabupaten Yalimo sebagai pintu gerbang dari utara Papua, maupun perhatian penuh ke Kabupaten Nduga untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat OAP di Nduga.

Ada pun empat pesan dari tanah Wamena dari Wapres, pertama mengajak semua pihak untuk mensyukuri kehadiran Provinsi Papua Pegunungan sebagai berkat dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Mari terus bangun sinergi, baik pusat maupun daerah, untuk membuat perencanaan pembangunan daerah yang tepat. Laksanakan agenda-agenda prioritas sesuai kearifan lokal,” ucap Wapres dalam kunjungannya ke Papua Pegunungan.

Pesan kedua dari Wapres, meminta kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah untuk merumuskan strategi komprehensif dalam menurunkan tingkat kemahalan di Papua Pegunungan. Percepat pembukaan isolasi wilayah untuk pelayanan dasar dan pengembangan komoditas komoditas unggulan daerah. Dorong hadirnya kawasan-kawasan sentra pangan guna menghasilkan stok pangan yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pesan selanjutnya, Wapres menekankan kementerian atau lembaga agar memastikan langkah-langkah teknis persiapan dan pelaksanaan pembangunan sentra sarana prasarana pemerintahan provinsi di tahun 2024.

“Saya juga meminta Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan untuk terus membuka ruang komunikasi dengan masyarakat dalam mendukung percepatan pembangunan daerah,” ujar Wapres.

Pesan keempat dari Wapres, para tokoh agama dan tokoh masyarakat diharapkan dapat menyampaikan narasi dan komunikasi secara intensif dan inklusif untuk menangkal hoax yang kontraproduktif dengan upaya pemerintah membangun perdamaian dan kesejahteraan di Papua.

Seiring dengan kunjungannya ke Papua Pegunungan, Wapres menegaskan menjadi penanda dimulainya upaya dan tekad yang kuat untuk membangun kesejahteraan masyarakat seutuhnya di seluruh pelosok Provinsi Papua Pegunungan.

“Bangun terus kepercayaan masyarakat melalui pendekatan kultural dan keagamaan. Terus rawat Rumah Besar Papua Pegunungan di atas landasan kasih antarsesama,” imbau Wapres.

Setelah penyampaian sambutannya, Wakil Presiden didampingi Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin, Pj Gubernur Velix Wanggai dan Ibu Hj Herwin Wanggai, menyapa anak-anak paduan suara dari GKI Bethlehem Wamena.

Selanjutnya, Wapres juga menyapa para pengrajin noken dan karya seni lokal, serta fashion yang terbuat dari noken maupun berbincang dengan pegiat kopi asal Wamena Franki Gombo dan Aben Lagowan, barista cafe An Meke, Teguh yang memperkenalkan kopi Tangma Yahukimo.

Di kesempatan itu, Wapres dan Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin diberi hadiah lukisan yang terbuat dari kulit kayu dengan gambar wajah Wapres dan Ibu Hj Wury Amin. Hingga menyerahkan bola dan baju kaos bola kepada anak-anak bola yang berasal dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Walesi – Wouma. (fia/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos   

Exit mobile version