Site icon Cenderawasih Pos

Dipastikan Pelipatan Surat Suara dan Penyortiran Dilakukan Dengan Baik

Petugas saat melakukan pelipatan surat suara di Gedung Puspenka Hawai, Sentani, sebagai tempat penyimpanan perlengkapan Logistik Pemilu Kabupaten Jayapura, Selasa (16/1). (FOTO: Priyadi/Cepos)

SENTANI-Ketua Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura Daniel Mebri mengaku sampai saat ini KPU Kabupaten Jayapura bekerja keras dalam mensukseskan Pemilu 2024 di Kabupaten Jayapura.

Dengan sudah datangnya perlengkapan logistik Pemilu Kabupaten Jayapura yang ditempatkan di Gedung Puspenka Hawai Sentani, maka KPU Kabupaten Jayapura langsung melakukan pengecekan, kemudian dilakukan pelipatan surat suara dan memilah mana saja yang rusak dan cacat.

“Tahapan demi tahapan telah kita lakukan dan saat ini kita lakukan pengecekan surat suara yang tiba, lalu kita lakukan pelipatan dan memilah mana yang rusak dan mana yang cacat nanti kita pisahkan semua yang cacat dan rusak lalu laporkan ke KPU Papua dan Bawaslu Kabupaten Jayapura,  supaya surat suara yang rusak dan cacat tidak digunakan,”ungkapnya, Selasa (16/1)kemarin.

Dijelaskan, terkait surat suara yang rusak atau cacat, KPU Kabupaten Jayapura akan melaporkan ke KPU Provinsi Papua agar dilanjutkan ke KPU-RI untuk melakukan proses pencetakan ulang. Maksimal sebelum tanggal 20 Januari 2024, karena itu batas waktu terakhir untuk melapor jika ada surat suara yang rusak atau cacat saat pelipatan atau sortir.

Menurutnya, surat suara yang ada, baik untuk calon presiden dan DPD-RI itu telah sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT)  yang ada di Kabupaten Jayapura. Sebanyak 134.568 DPT dengan jumlah surat suara 137.768 lembar untuk presiden dan 137.182 lembar surat suara DPD-RI.

“Dalam pelipatan surat suara,  kami melibatkan 105 orang tenaga untuk melipat surat suara untuk DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten. Pelipatan tahap ke dua tersebut akan membentuk sebanyak 21 kelompok pelipatan surat suara. Pelipatan surat tersebut tersebut dilakukan dalam pengawas ketat oleh Pihak KPU, Bawaslu, dan juga dari aparat keamanan,”ucapnya.

Sementara itu, dari pantauan wartawan Cenderawasih Pos, pelipatan surat suara dilakukan secara ketat dan dilakukan pengawas dengan baik. Diminta para petugas yang direkrut melipat surat suara benar -benar maksimal dan penuh dengan rasa yang jawab, supaya tidak ada surat suara yang cacat dan rusak tetap dipakai.(dil/ary)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version