Site icon Cenderawasih Pos

400 Siswa SMAN I Merauke Mulai Lipat Surat Suara Presiden 

Siswa siswi SMAN I Merauke yang berjumlah 400 orang saat melakukan pelipatan surat suara presiden di Aula SMAN I Merauke, Senin (15/01/2024) (FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE– Sebanyak 400 siswa SMAN I Merauke dilibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke untuk melakukan lipatan surat suara presiden dan wakil presiden di Aula SMAN I Merauke, Senin (15/01/2024).

   Sebanyak 166.569 surat suara presiden dan wakil presiden ini dilipat oleh para pelajar kelas X dan XI tersebut. Lipat surat suara ini dibuka langsung Ketua KPU Merauke Rosina Kebubun disaksikan Sekda Kabupaten Merauke Yermias Paulus Ndiken, Ketua KPU Provinsi Papua Selatan Theresia Mahuze, dan diawasi oleh Bawaslu Kabupaten Merauke dan Bawaslu Provinsi Papua Selatan dengan pengamanan kepolisian Resor Merauke.

 Siswa yang melakukan pelipatan tersebut, sebelum masuk ke dalam ruangan Aula, seluruhnya melalui peneriksaan. Siswa hanya boleh membawa botol kecil sebagai alat bantu untuk melakukan pelipatan. Botol yang dibawa juga tidak boleh terisi air tapi harus benar-benar kosong dan kering.

   Ketua KPU Provinsi Papua Selatan Theresia Mahuze menjelaskan bahwa surat suara presiden dan wakil presiden yang dilipat tersebut sebanyak 166.569 lembar. Jumlah ini sudah termasuk 2 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan.

“Ada juga 1.000 lembar surat suara yang disiapkan untuk PSU jika itu terjadi, tapi untuk 1.000 surat suara tersebut tidak dilipat, ” katanya.

Sebelum melakukan pelipatan, para siswa tersebut harus memastikan terlebih dahulu surat suara yang akan dilipat tersebut tidak cacat, seperti robek, adanya bercak tinta pada kertas surat suara atau tanda coplosan.

“Setelah dilipat, KPU akan melakukan sortir lagi, memastikan surat suara tersebut tidak cacat dan tepat jumlah sebelum dilakukan packing,” kata mantan Ketua KPU Merauke tersebut.

    Theresia Mahuze memperkirakan, pelipatan ini akan berlangsung antara 2-3 hari. “Mudah-mudahan dalam waktu 2-3 hari, pelipatan surat suara presiden ini selesai, ” harapnya.

Kepala Sekolah SMAN I Merauke Drs Ringland Simanjuntak, M.Pd, memberikan apresiasi kepada pihak KPU yang memberikan kesempatan kepada pihak SMAN I Merauke untuk ikut ambil bagian dalam tugas negara tersebut.

Karena itu, Ringland Simanjuntak mengingatkan kepada seluruh siswa yang dilibatkan untuk tidak bermain-main dalam melakukan pelipatan ini tapi harus secara serius dan fokus sehingga tidak ada kesalahan-kesalahan yang terjadi saat melakukan pelipatan. (ulo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version