Site icon Cenderawasih Pos

Mbappe Cetak Hattrick, Prancis Lumat Gibraltar dengan Skor Fantastis

Kylian Mbappe Cetak Hattrick pada Pertandingan Kualifikasi EURO 2024 Antara Prancis melawan Gibraltar pada Minggu (19/11) Dinihari / Sumber : X / @equipedefrance

Pertandingan Kualifikasi EURO 2024 di grup B mempertemukan antara Prancis dengan Gibraltar.

Pertandingan tersebut berlangsung di Allianz Riviera, yang merupakan kandang salah satu klub League 1 yakni OGC Nice.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Minggu (19/11) Dini hari tersebut berhasil dimenangkan oleh Prancis dengan skor 14-0.

Pemain Paris Saint Germain yakni Kylian Mbappe berhasil cetak hattrick dan 2 assist pada pertandingan dini hari tadi.

Jalannya Pertandingan

Skuad asuhan Didier Deschamps sudah unggul sejak awal-awal pertandingan. Pada menit 3, salah satu pemain Gibraltar yakni Ethan Santos mencetak gol bunuh diri.

Berawal dari ingin menghalau umpan Jonathan Clauss, bola malah berbelok dan mengarah ke gawang yang dikawal oleh Dayle Coleing.

1 menit berselang, giliran Marcus Thuram yang menambah keunggulan untuk skuad Les Bleus. Gol tersebut lahir memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Griezmann.

di menit ke 9 skuad Prancis nyaris menambah keunggulan, sayang Kylian Mbappe gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Pemain yang telah bermain di 72 pertandingan bersama tim nasional Prancis itu kembali mendapat peluang, namun tendangannya hanya melambung diatas mistar.

Pada menit ke 16 skuad asuhan Deschamps kembali menambah pundi-pundi gol. Kingsley Coman berhasil mengirim umpan pada Warren Zaïre-Emery untuk merubah skor menjadi 3-0.

Petaka hadir untuk tim tamu, berawal dari tackling keras pemain bertahan Gibraltar Santos terhadap Zaïre-Emery membuat wasit asal inggris John Brooks memberi kartu merah langsung kepadanya.

Pemain yang sebelumnya mencetak gol bunuh diri pada awal pertandingan tersebut harus mengakhiri laga lebih cepat.

Zaïre-Emery kemudian langsung digantikan oleh Youssouf Fofana pada menit ke 20 karena alami cedera akibat tackling tersebut.

Pada menit ke 25 skuad Prancis nyaris menambah keunggulan. Coman yang telah berdiri bebas gagal memanfaatkan peluang untuk cetak gol ke gawang Coleing.

Semenit berselang, Griezmann mendapat peluang melalui umpan yang diberikan oleh Coman, namun sundulannya masih melebar di sebelah kiri gawang dari Gibraltar.

Akhirnya pada menit ke 30, Kylian Mbappe mencatatkan namanya di papan skor melalui tendangan dari titik putih. Penalti tersebut didapatkan setelah wasit menilai Lee Casciaro melakukan handball.

Hanya dalam waktu 7 menit skuad Les Bleus bisa menambah 3 gol lain. Gol tersebut dicetak oleh Jonathan Clauss di menit ke 34, Coman di menit ke 36 dan Fofana di menit ke 37.

Gol dari luar kotak penalti yang dicetak Fofana membuat skuad asuhan Deschamps itu menutup babak pertama dengan skor yang sangat meyakinkan yakni 7-0.

DI babak kedua, tim nasional Prancis baru bisa membuka keran gol pada menit ke 63.

Gol tersebut dicetak oleh Adrien Rabiot setelah terjadi kemelut di depan gawang Gibraltar.

Coman kembali mencatatkan namanya di papan skor di menit ke 65 setelah berhasil melewati kawalan 3 pemain Gibraltar.

Pemain yang baru masuk di menit ke 67 yakni Ousmane Dembele berhasil mencetak gol di menit ke 73 melalui tendangan yang mengarah di pojok kanan gawang yang dikawal oleh Coleing.

Theo Hernandez berkontribusi dengan memberikan umpan pada gol kedua Kylian Mbappe yang dicetak pada menit ke 74.

Lagi-lagi megabintang Paris Saint Germain itu mencetak gol pada menit ke 82 setelah menerima umpan dari Fofana.

Gol tersebut membuat skuad Les Bleus unggul selusin gol atas Gibraltar.

Olivier Giroud menutup pertandingan dengan dua gol. Gol pertama ia cetak pada menit ke 89 setelah menerima umpan dari Antoine Griezmann.

Pemain yang memang dikenal selalu mencetak gol-gol akrobatik itu kembali melakukannya pada pertandingan kali ini, Giroud mencetak gol penutup untuk kemenangan Prancis dengan melakukan tendangan salto. (*)

Sumber: Berbagai Sumber       | Jawapos

Exit mobile version