Site icon Cenderawasih Pos

Akhirnya Mutiara Bakau Capolista

Selebrasi Pemain depan Persewar Jefron Sitawa usai mencetak gol ke gawang Kalteng Putra di Stadion Mandala Selasa (7/11) kemarin. (Erianto / Cepos)

2 Persewar v Kalteng Putra 1

JAYAPURA – Persewar Waropen akhirnya menunaikan ambisinya untuk memuncaki klasemen sementara alias capolista grup 4 Liga 2 2023/2024. Kepastian itu mereka dapatkan usai mengalahkan tamunya Kalteng Putra dengan skor 2-1 di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (7/11) sore kemarin.

Tambahan tiga poin menempatkan Persewar di puncak klasemen dengan koleksi 14 poin, mereka menggeser saudara mereka, PSBS Biak yang mengoleksi 11 poin. Dua gol kemenangan Persewar dicetak oleh Josua Isir menit 52’ dan Jefron Sitawa 89’. Kemudian gol tamu dicetak oleh Guy Junior menit 87’.

Tanpa diperkuat sang kapten Boaz Solossa, pasukan Mutiara Bakau julukan Persewar sempat kesulitan pada babak pertama. Kalteng Putra yang berambisi untuk mencuri poin juga tampil ngotot dengan melakukan pressure.

  Persewar tetap tampil dengan ciri khas mereka dengan memainkan bola pendek, serta memperbanyak ball possesion. Sebaliknya, Kalteng yang kalah dalam duel lini tengah justru lebih banyak melakukan umpan direct. Mereka mengandalkan pemain-pemain mereka yang memiliki postur tinggi.

Pelatih Persewar Waropen, Eduard Ivakdalam juga mengatakan bahwa Kalteng sepertinya telah mempelajari taktikal mereka saat menang atas PSBS Biak di laga sebelumnya. Sehingga dalam laga ini, Edu sapaan akrabnya mengaku jika taktikal mereka sedikit terbaca oleh lawan.

“Mereka mengubah gaya bermain, sehingga menit-menit awal kita sepertinya agak kesulitan. Dan ini pertandingan sulit, karena masa recovery pemain juga sangat singkat. Tapi anak-anak tadi bisa mengeluarkan kemampuan, mereka tetap motivasi tinggi untuk memenangkan pertandingan,” ungkap Edu usai laga.

“Kalteng tampil cukup baik, mereka mampu menerapkan permainan pressure dari awal. Dan saya sampaikan kepada anak-anak bahwa bermain pressure itu Persewar punya, mari kita tunjukkan siapa yang lebih kuat,” sambungnya.

Legenda hidup Persipura Jayapura itu juga angkat topi terhadap perjuangan pemainnya hingga menit-menit akhir. Dia mengaku tak menduga pemainnya bisa berjuang hingga penghujung laga.

“Ini sesuatu yang luar biasa, tadi saat skor sama 1-1, saya pikir mereka akan down, tapi mereka bisa bangkit. Semoga ini satu semangat, motivasi, kepercayaan diri dan kedepan kita bisa lebih baik. Saya lihat pemain semakin dewasa, walaupun anak-anak muda, anak-anak lokal, tapi mereka tidak gentar menghadapi lawan-lawan yang senior,” pungkasnya.

Kemudian salah satu pemain senior Persewar, Feri Ayomi mengaku sangat bersyukur bisa kembali meraih kemenangan di kandang. Apalagi kemenangan ini menempatkan mereka di puncak klasemen sementara.

Sementara itu, pelatih Kalteng Putra, Eko Tamamie menilai bahwa pertandingan ini sangat luar biasa. Namun dirinya mengaku tidak begitu puas dengan apa yang mereka raih. Dimana mereka awalnya menargetkan poin dari laga ini.

“Target kita curi poin di sini gagal. Tapi secara pertandingan sangat bagus cuman ada beberapa keputusan yang sangat kita sayangkan. Dan apalagi gol terakhir tadi sempat kita protes karena berbau offside,” ungkap Eko.

Senada dengan itu, salah satu pemain Kalteng Putra, Saepuloh Maulana mengaku mereka kehilangan fokus pada menit-menit akhir dan berhasil dimanfaatkan oleh Persewar dalam mencetak gol kemenangan. “Kami masih ada satu match untuk bisa curi poin di laga mendatang kontra PSBS,” pungkasnya. (eri/wen)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version