Site icon Cenderawasih Pos

Duel Bakal Sengit

Persipura v PSBS

JAYAPURA – Pertemuan Persipura Jayapura dengan PSBS Biak dalam laga pamungkas Liga 2 2023/2024 pada putaran pertama dilaksanakan di Stadion Mandala Jayapura, pada hari ini, Jumat (20/10) akan berjalan sengit.

Kedua tim sam-sama ingin menutup putaran pertama dengan tiga poin. Persipura selaku tuan rumah harus kerja keras untuk bisa mengamankan tiga poin. Pasalnya mereka kedatangan tamu yang kini sedang bertengger pada puncak klasemen sementara grup 4.

Saat ini Persipura masih menempati peringkat kelima dengan koleksi 6 poin. Hanya dengan kemenangan bisa menjaga asa mutiara hitam-julukan Persipura untuk kembali ke liga 1.

Sementara PSBS Biak kokoh di puncak klasemen dengan raihan 10 poin. dan dipastikan menjadi juara grup 4 di putaran pertama, meskipun sore nanti tak meraih poin. Dan tim berjuluk Napi Bongkar itupun berhasrat untuk tembus ke Liga 1 musim depan.

Dan, Persipura harus hati-hati dalam laga ini, apalagi mereka tidak bisa menurunkan beberapa pemain penting mereka seperti Gunansar Mandowen, Ian Kabes dan Wulf Horota yang masih dalam tahapan pemulihan cedera. Tim kebanggaan masyarakat Papua itu juga tidak bisa menurunkan Yoga Tri yang menjalani hukuman kartu merah.

Selain itu, Persipura juga dipastikan tak diperkuat oleh Ricky Kayame yang sedang dalam gangguan kesehatan. Serta Jusak Isir yang tak muncul dalam persiapan akhir tim.

Sebaliknya, PSBS hadir dengan kekuatan penuh. Seluruh pemainnya siap diturunkan dalam laga ini. Apalagi PSBS hadir dengan motivasi yang tinggi setelah meraih kemenangan 0-1 di kandang Sulut United.

Pertandingan ini juga menjadi reunian bagi para penggawa PSBS, dimana mereka saat ini dihuni beberapa mantan pemain Persipura seperti Ruben Sanadi, Nelson Alom, Israel Wamiau, Yohanis Nabar, Fandry Imbiri, Alberto Goncalves, Panggih Pri Sembodho dan Gerry Mandagi.

  Di atas kertas, kedua tim sama sekali belum pernah berjumpa pada kompetisi resmi Liga 2 atau bahkan Liga 1. Sehingga pertemuan perdana ini sangat menarik untuk ditonton.

https://youtu.be/D7htWHZR95s?si=9wufU4ilSKI4G3QO

Pelatih Persipura Toni Ho, mengatakan bahwa dia sudah menyiapkan seluruh taktikal untuk memenangkan pertandingan. Dia berharap seluruh pemain bisa menjalankan instruksi dengan baik.

“Setiap derby pasti ada nuansa permainan yang ketat, dan itu hal biasa. Dan kami juga menyiapkan tim secara taktikal. Kita berharap pemain bekerja secara maksimal, mengikuti instruksi sesuai rencana kita,” ungkap Toni Ho dalam keterangannya di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (19/10).

Pelatih asal Kota Makassar itu menilai jika derby ini merupakan pertandingan adik-kaka. Sehingga dia berharap pertandingan ini bisa berlangsung dengan lancar. Dia juga berharap para pendukung Persipura bisa datang memadati stadion.

Dirinya juga membeberkan kondisi terakhir beberapa pemainnya yang tak bisa diturunkan dalam laga ini. Dia memastikan Ian Kabes, Gunansar Mandowen, Wulf Horota, Ricky Kayame, Yosuak Isir dan Try Yoga tak bisa diturunkan.

Pemain belakang Persipura, Andri Ibo menuturkan bahwa mereka sudah sangat siap untuk menjamu para pasukan Napi Bongkar, PSBS Biak.

“Kami sudah melakukan persiapan sesuai instruksi pelatih, besok ada pertandingan penting bagi kami untuk bisa memenangkan pertandingan. Kami Respect dengan kepada PSBS ada di puncak, tapi kami pemain akan memenangkan pertandingan,” ujar Andri Ibo.

Kemudian pelatih kepala PSBS, Hendri Susilo menuturkan bahwa persiapan mereka sangat baik setelah melakukan latihan di Jayapura. Dia mengaku pemainnya semua dalam kondisi baik dan siap diturunkan dalam laga ini.

“Tapi harus mewaspadai kebangkitan Persipura, dimana pertandingan sebelumnya mereka mengalami kekalahan. Apalagi Persipura ada tim besar dan mereka memiliki banyak pemain berkualitas,” ucap Susilo.

Dia juga berharap kedua tim bisa memberikan tontonan yang menarik dan menghibur seluruh penonton yang datang menyaksikan pertandingan. Sehingga para penonton pun bisa puas dengan laga derby besok.

“Siapapun pemenangnya tetap mereka pemain Papua. Tapi kami kami akan memberikan perlawanan kepada Persipura,” katanya.

Senada dengan itu, kapten tim PSBS, Ruben Sanadi mengaku bahwa dirinya dan kolega telah siap menatap pertandingan. Dia juga menyebutkan bahwa partai ini akan berjalan sengit dan menghibur.

“Semoga bisa memberikan tontonan yang menarik untuk hari esok. Persipura kita tahu tim bagus, tapi kami lebih fokus pada tim kami, kami akan tetap enjoy menatap pertandingan. (eri/wen)

Exit mobile version