Site icon Cenderawasih Pos

Berharap Uncen jadi Pelopor Pengembangan SDM di Papua

PJ Gubernur Papua Ramses Limbong saat meninggalkan lokasi acara Wisuda di Auditorium Uncen, Kamis (22/8). Karel/Cepos

2.229 Mahasiswa Uncen Diwisuda

JAYAPURA-Sebanyak 2.229 Mahasiwa/i Uncen resmi diwisuda di auditorium Uncen, Kamis (22/8). Prosesi wisuda dalam rapat Senat Terbuka ini juga dihadiri oleh PJ Gubernur Papua, Ramses Limbong.

  Kepada wisudawan, Ramses mengingatkan bahwa prosesi wisuda merupakan langkah awal dari perjalanan panjang menuju kehidupan masa depan yang cerah. Wisudawan diharapkan sudah punya   rencana untuk kedepannya seperti apa. Tidak harus menjadi pegawai negeri sipil, tapi dapat berkarya menjadi wirausaha, bekerja secara mandiri sesuai keahilan yang dimiliki.

   “Setelah lulus ini adek adek harus tau mau mau jadi apa, itu semua bergantung pada Wisudawan masing masing, silahkan pilih jalan uang terbaik untuk masa depan yang cerah,” ujarnya.

  Di tengah perkembangan zaman saat ini kehidupan diwarnai dengan berbagai tantangan. Orang yang punya kualitas dan kuantitas, serta  inovatif dan kreatif pasti akan bergerak maju. Untuk itu lulusan Uncen harus mampu mengambil peran itu sesuai kemampuan yang dimiliki.

  Apalagi pemerintah telah memberi ruang melalui UU Otsus. Diharapkan semua pihak mampu mengisi ruang ruang yang ada semata untuk pembangunan Papua kedepan. “Jangan sampai, memanfaatkan UU Otsus ini hanya untuk kepentingan pribadi,” tegasnya.

  Kesempatan itu Ramses juga mengingatkan kepada seluruh Wisudawan/i karena saat ini akan masuk suasana politik dalam hal ini pemilihan Kepala Daerah di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Oleh sebab itu Wisudawan diharapkan ambil bagian dalam moment tersebut dengan membantu menjaga keamanan dengan cara ikut memilih dan tidak golput, demi sukses pemilihan Kepala Daerah di Papua. Serta menjadi pelopor Pengembangan SDM di Papua.

   Sementata itu, Rektor Uncen Oscar Oswald O. Wambrau menyampaikanberdasarkan pusat data Uncen jumlah mahasiswa aktif di Uncen saat ini sudah mencapai 37.599 orang. Jumlah ini meliputi jenjang program Diploma sebanyak 1.831 orang, sarjana sebanyak 30.862 orang dan pascasarjana, 1.655 orang.

   “Dan saat ini kita melepaskan sebanyak 2.229 orang yang dikukuhkan melakui rapat senat terbuka hari ini,” tuturnya.

  Adapun Wisudawan yang diwisudahkan ini terdiri dari 9 fakultas dan 1 porgram pascasarjana, meliputi

Program Pascasarjana 51 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 721 orang, Fakultas Hukum (FH) 303, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 250 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 331 orang. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 127 orang, Fakuktas Teknik (FT) 163, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 122, Fakultas Kedokteran (FK) 107 orang, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 54 orang.

   Dari 2.229 wisudawan terdapat, 3 orang memperoleh predikat tertinggi atau cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi. Ketiganya, Hanny Grasisus Gladius Tanaman, Mahasiswa Jenjang Sastra Dua (S2) Pada Program Studi Ilmu Hukum FH itu berhasil meraih IPK,  3,98.

Kemudian Nia Juniati Ameto,  Mahasiswa Jenjang Strata Satu (S1) Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar tersebut mendapatkan IPK  3,94 dan yang ketiga Adifian Tangga Datu. Lulusan

Jenjang Diploma Tiga (D3) Pada Program Studi Teknik Mineral tersebut berhasil mendapatkan IPK, 3,64 “Dengan bertambahnya lulusan Universitas Cenderawasih maka jumlah alumni Uncen telah mencapai, 91.597 orang,” bebernya.

   Kesempatan itu, Oscar jjga memperkenalkan 3 orang dosen Uncen yang baru saja menyelesaikan Pendidikan Doktor baik didalam maupun Luar negeri. Y akni, Agnes Angelita Suyanto, S.Kep,Ns.,MPH.,PhD. Dosen pada  Fakultas Kedokteran (FK) itu baru saja meraih gelar Doktor di University of Washington, USA, Bidang Ilmu yang diambil, Keperawatan,

   Kemudian DR. Decky Derek Antonius Wospakrik S.H.,M.H. Dosen  Fakultas Hukum (FH) itu telah berhasil meraih gelar Doktor di Universitas Udayana Bali, bidang yang diambil, Ilmu Hukum.

  Dan ketiga Dr. Muhammad Akbar Nurdin S.KM.,M.KES. Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) ini barusan nenyelesaikan studi Program Doktor di Universitas Hasanuddin, Bidang Ilmu yang diambil yakni Kesehatan Masyarakat, dengan Predikat Sangat Memuaskan. (rel/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version