Site icon Cenderawasih Pos

Kepolisian Siap Amankan Pilkada di Mimika

Aparat keamanan Polres Mimika dalam apel gelar pasukan di Polres Mimika. (Foto: Humas Polres Mimika).

MIMIKA – Kepala Kepolisian Resor Mimika, AKBP I Komang Budiartha mengatakan bahwa pihaknya telah siap untuk melakukan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Mimika.

Seperti diketahui, Pilkada serentak akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 yang artinya kini masih tersisa 106 hari lagi.

Kendati demikian, berbagai tahapan menuju Pilkada kini gencar dilakukan baik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pihak penyelenggaraan maupun pasangan calon dan komplotannya.

Terkait ini, Kapolres mengatakan, pihaknya sudah siap untuk mengamankan Pilkada sesuai perencanaan yang disebutnya sudah matang.

Kapolres menyebut, pengamanan tahap inti Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Mimika tahun 2024 akan melibatkan personil Polres Mimika dan Batalyon B Pelopor Brimob Polda Papua.

“Kalau kami sudah siap mengamankan Pilkada Mimika 2024, karena perencanaan kita juga sudah matang, berawal dari Latihan Laporan Operasi (Latpraops), TFG (Tactical Floor Game), dilanjutkan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), itu semua instansi kita akan libatkan,” kata Kapolres saat ditemui, Selasa (13/8/2024).

Kapolres melanjutkan, tahapan pendaftaran mulai dibuka pada 27-29 Agustus 2024, Polres Mimika juga akan melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk memantapkan pengamanan Pilkada 2024.

“Nanti ada seperti, BMKG, Basarnas, Telkom, PLN, serta Satpol PP, juga teman kita dari Kodim (TNI) untuk mendukung kita (dalam pengamanan-red),” jelasnya.

Ditanya tentang kekuatan pasukan yang dikerahkan untuk mengamankan Pilkada, Kapolres menyebut akan dikerahkan secara bertahap sesuai dengan tahapan penyelenggaraan yang berjalan.

“Yang jelas itu pengamanan kantor KPU Bawaslu itu pasti, nanti kalau sudah ada pasangan calon nanti pengamanan melekat di masing-masing pasangan calon itu sudah pasti dan objek-objek vital yang nanti dapat menjadi sasaran dari pengganggu kamtibmas,” pungkasnya. (mww/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version