Site icon Cenderawasih Pos

Dari 139 Kampung Harus ada Inovasi untuk  Hasilkan Pendapat

Sekda Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi didampingi Kepala DPMK Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra, saat menyerahkan bantuan dan hibah bagi 10 Bumkam di Kabupaten Jayapura dari dana Otsus TA 2024, di Hotel Horison Sentani, Rabu (3/7) kemarin. (foto: Priyadi/Cepos)

SENTANI-Dari 139 Kampung di Kabupaten Jayapura Sekda Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi mengharapkan setiap kampung bisa menghasilkan pendapatan asli kampung, dengan mengoptimalkan sumber potensi yang ada di kampung.

Untuk itu diharapkan setiap kampung di Kabupaten Jayapura ada Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam) yang dikelola dengan baik dan professional,  demi meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat di kampung dan setiap kampung ada pembangunan yang berkelanjutan.

“Kita lihat di Pulau Jawa banyak kampung di sana sudah menghasilkan pendapatan asli kampung lewat pengelolaan sumber potensi di kampung dan dibuatkan  Bumkam. Saya harap kampung- kampung di Kabupaten Jayapura juga bisa seperti ini, karena jika kampung itu bisa menghasilkan pendapatan asli kampong,  maka dipastikan kesejahteraan masyarakat di kampung akan terjamin,”ungkapnya,  Kamis (4/7) kemarin.

Sekda Hana menjelaskan, Kabupaten Jayapura memiliki banyak sumber potensi alam di setiap wilayah pembangunan. Baik itu wilayah pembangunan I, II, III dan IV. Ada potensi perikanan, perkebunan, pariwisata, sektor jasa dan perdagangan dan lainnya. Semua harus dikelola dan dimanfaatkan secara optimal, jangan lengah dengan setiap bantuan yang diberikan di kampong,  karena bantuan ini sifatnya hanya sementara tidak selamanya, tapi jika kampung sudah bisa menghasilkan pendapatan asli kampung, maka kampung akan mandiri dan sejahtera.

“Saya minta di setiap kampung bisa membuat sesuatu yang berbeda dengan tempat lain, supaya kampung tersebut bisa menjadi terkenal dan dikenal. Contohnya saja di Kabupaten Keerom terkenal hasil produksi pertanian, kebutuhan kita seperti cabai, sayur sayuran, buah buahan kita datangkan dari sana, coba di Kabupaten Jayapura ada hasil produksi yang berbeda apakah jagung, padi, coklat, kopi dan lainnya pasti bisa terkenal,”pintanya.

Ditambahkan, setiap kampung yang memiliki Bumkam harus ada inovasi cerdas, terkemuka, jangan lengah dengan kondisi yang ada, tetap berpacu dengan kemajuan zaman dan kembangkan setiap potensi yang ada di masing masing kampung, jangan hanya selalu mengandalkan bantuan pemerintah.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version