Site icon Cenderawasih Pos

BTM Berjanji Akan Perhatikan Keluhan Pertani di Keerom

Calon Gubernur Papua Benhur Tomi Mano didampingi Istri, Khristina L. Luluporo saat berinteraksi dengan petani Kakao di Perkebunan Kakao di Kampung Alang Alang, Distrik Skamto, Kabupaten Keerom. (Foto : Karel/Cepos)

JAYAPURA-Calon Gubernur Papua Benhur Tomi Mano, kampanye terbatas dengan para petani di Distrik Skamto, Kabupaten Keerom, Kamis (3/10). BTM – sapaan akrab Benhur Timo Mano ini lebih memilih blusukan ke perkebunan petani setempat. Mulai dari perkebunan Kakao di Kampung Alang Alang, Distrik Skamto, perkebunan  jagung, Perkebunan Cabai, dan B awang di Arso 3.

Dari kunjungannya itu dia mendapatkan sejumlah aspirasi dari para petani. Mulai masalah tanaman Kakao yang rusak akibat terkena wabah hama, maslaah penyediaan air bersih dan air untuk penyiraman jagung, bawang hingga capai. Serta masalah yang paling krusial soal akses.

Petani di Keerom ini mengeluh soal jalan, dimana menurut mereka kendala utama bagi mereka selama ini, jalan yang tidak memadai sehingga kadang hasil panen mereka tidak dapat dijual kepada distributor di Kota Jayapura.

Kepada BTM, mereka meminta jika BTM terpilih maka adanya perhatian khusus untuk mereka. mulai dari bantuan bibit tanaman kakao, mesin penyedot air untuk Jagung, Cabe dan Bawang, serta membangun jalan utama.

Menanggapi hal itu,  mantan Walikota Jayapura 2 periode ini menyampaikan, jika terpilih hal utama yang akan dikerjakan membangun jalan. Karena segala sesuatu akan berjalan maksimal jika didukung dengan akses yang bagus.

“Jalan di Keerom ini memang sangat prihatin sekali, jangankan jalan ke kebun, jalur utamapun sama sekali tidak bagus, ini yang akan menjadi tugas kami kedepan,” tuturnya.

Hal lainnya, fokus mendorong pengembangan hasil tani masyarakat setempat. Karena, menurutnya, Keerom merupakan pemasok hasil bumi yang cukup besar. Kontribusi petani Keerom untuk Kota Jayapura dan wilayah sekitarnya cukup besar, sehingga kedepannya mereka akan fokus membantu para petani di negeri tapal batas itu.

“Saya sudah tinjau, bawang, cabai dan jagung di Keerom ini bagus-bagus, saya ingin kedepannya Keerom ini jadi distributor utama kebutuhan masyarakat di beberapa wilayah di Papua,” kata putra asli Port Numbay ini.

Hal lain yang akan dibangun, BTM ingin membangun BTS, hal itu didasari selama perjalanan dari Kampung Yoka Distrik Heram sampai Arso 4, sama sekali tidak mendapatkan akses jaringan internet. Dengan melihat itu dirinya akan berupaya agar wilayah Arso ini dapat dijangaku dengan jaringan internet.

“Saya selama perjalanan dari Yoka sampai Arso 4 handhpone tidak dapat jaringan, kalau terpilih saya akan bangun BTS di arso 4 ini,” tutup BTM (rel)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version