Site icon Cenderawasih Pos

PPS Kini Punya Galeri Dekranasda untuk Tampung Hasil Karya Seni dan Budaya

Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Papua Selatan Ny Irma Ade Suryani Safanpo saat meninjau Galeri Dekranasda Papua Selatan sebagai tempat  menampung hasil-hasil karya seni UMKM yang ada di Papua Selatan. ( Sulo/Cepos

MERAUKE– Provinsi Papua Selatan kini memiliki Galeri Dekranasda ditandai dengan launching yang dilakukan oleh Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, Rabu (27/12/2023) malam.Sebelum dilaunching, Pastor Alo Kelbulan, Pr, melakukan pemberkatan terhadap keberadaan galeri tersebut.

Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanp menyampaikan selamat dan sukses atas hadirnya Dekranasda Provinsi Papua Selatan ini dan berharap galeri ini menhadi tempat untuk mengumpulkan berbagai hasil karya kerajinan baik dari masyarakat maupun kelompok-kelompok masyarakat yang tergabung dalam UMKM  di wilayah Provinsi Papua Selatan.

‘’Kita harapkan kedepan selain mengoleksi atau mengumpulkan karya-karya yang sudah jadi,  kita juga dapat mendorong pelatihan-pelatihan bagi pelaku UMKM saupaya kita terus meningkatkan kreativitas masyarakat kita dan para pelaku kerajinan tangan maupun pelaku UMKM yang lain supaya jiwa seni dan budaya ini terus tumbuh dan kita kembangkan,’’ katanya.

Dalam kehidupan manusia ini, lanjut mantan Rektor Uncen ini bahwa hal positif dan negatif hidup secara bersama-sama. Tinggal bagaimana kita meminimalisir hal-hal yang negatif dan memaksimalkan hal-hal positif.

‘’Kalau  para teolog mengatakan bahwa dalam diri kita ini ada 50 persen potensi sebagai malaikat dan 50 persen sebagai  iblis. Tinggal kita memaksimalkan yang mana. Karena apa yang kita pikirkan itu yang akan kita katakan. Apa yang kita katakan itu yang akan kita lakukan. Jadi kita bisa menciptakan budaya yang baik dengan berpikir positif, berkata positif  dan berbuat hal-hal positif.  Pikiran itu menjadi dasar pijak untuk berkarya melakukan banyak dal dalam kehidupan kita,’’ katanya.

   Ketua Dekranasda Provinsi Papua Selatan Ny. Ade Irma Suryani Safanpo mentakan peresmian Dekranasda ini sebagai wujud untuk menampung karya-karya dari pelaku UMKM baik itu karya krya, kuliner maupun yang lainnya.

‘’Harapannya yang banyak kita temukan di lapangan selama ini misalnya anggota PKK maupun ibu-ibu UMKM  yang sudah mempunyai produk-produk tapi terkendala untuk distribusinya kepada konsumen. Jadi niat baik Dekranasda Provinsi Papua Selatan ini semoga Tuhan melancarkan dan memberikan jalan yang mulus dan menjadi langkah awal pelayanan kita kepada masyarakat terutama pelaku usaha UMKM untuk menampung karya-karyanya sehingga jangan kuatir lagi bahwa kita juga disini ada sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah dan mampu mensukseskan upaya UMKM,’’ harapnya.

Ade Irma juga mengharapkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua Selatan terutama Pj Gubernur  Papua Selatan selaku pembina dan media yang ada di Papua Selatan untuk mengaungkan  upaya-upaya positif dunia UMKM dan juga untuk produk-produk UMKM terutama yang lokal sesuai dengan tema bangga buatan Indonesai dan bangga buatan PPS. (ulo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version