Site icon Cenderawasih Pos

Arahan Presiden Selaras dengan yang Dilakukan Pemprov Papua

Pj Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun berjabat tangan dengan Presiden Jokowi pada pertemuan di Jakarta, Senin (30/10) kemarin. (foto:Pemprov Papua for Cepos)

JAYAPURA – Penjabat Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun, bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Ridwan mendapat sejumlah arahan dari orang nomor satu di Republik Indonesia itu.

Namun, tak hanya Ridwan, sejumlah kepala daerah lainnya juga mendapat arahan dari Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan ratusan para penjabat kepala daerah se-Indonesia di Jakarta, Senin (30/10) kemarin.

Terkait dengan arahan Presiden tersebut, Pemerintah Provinsi Papua melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Papua, Jeri Agus Yudianto menyebut, Gubernur Ridwan siap melaksanakan dan sangat selaras dengan lima program prioritas pasca dilantik menjadi Penjabat Gubernur.

Adapun lima program prioritas tersebut diantaranya konsolidasi secara internal dengan semua pihak terkait, fasilitasi penyelenggaraan Pemilu, melakukan pengendalain dan pelaksanaan program prioritas nasional dan daerah meliputi penggulangan kemiskinan esktrim, stunting dan gizi buruk serta pengendalian Inflasi.

Selanjutnya, melakukan percepatan berkelanjutan pembangunan diantaranya koordinasi bersama BP3OKP dan penguatan kelembagaan organisasi dan menajemen pasca Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Arahan Presiden sejalan dengan prioritas yang sedang dijalankan pada point 2 dan Point 3 serta kondisi super El-Nino,” kata Jeri saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Selasa (31/10) kemarin.

Selain itu lanjut Jeri, Pemerintah Provinsi Papua juga melakukan pengendalian dan pelaksanaan program prioritas nasional dan daerah. Bahkan, Gubenur Papua telah melakukan kunjungan kerja  ke Sarmi, Supiori, Yapen dan Waropen.

“Kunjungan tersebut dengan tujuan pemberian bantuan guna stimulan pada pemberdayaan masyarakat di sektor pertanian dan perikanan, percepatan penurunan stunting dalam bentuk penguatan gizi, obat dan ibu Hamil,” terangnya.

Sementara pengendalian inflasi dengan pemberian bantuan cadangan pangan, gerakan pangan murah serta bantuan sembako. Hal ini dilakukan bersama muti stakeholder:  K/L, Bulog, pelibatan PKK dan Pemda setempat.

Selain itu dukungan lainnya seperti bantuan untuk penyelenggaraan STC di lokasi penyelenggara dan penyangga penyelenggara. Kegiatan serupa dalam waktu dekat juga akan dilakukan di Kab Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom serat kabupatan lainnya di Provinsi Papua.

“Terkait El-Nino, Gubernur memberikan perhatian sangat serius pada perlindungan hutan dan lingkungan. Khusus untuk ini, pada beberapa kesempatan saat kunjungan kerja PJ. Gubernur Papua selalu memberikan waktunya untuk melakukan penanaman pohon di kawasan mangrove, pantai ataupun lainnya,” tuturnya.

Sekedar diketahui, Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah arahan kepada para penjabat kepala daerah se-Indonesia pada Senin, (30/10) di Istana Negara, Jakarta. Dalam arahannya, Presiden mendorong pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar.

“Pantau harga riil di pasar, turun ke lapangan. Jika ada masalah, lakukan intervensi seperti tadi saya sampaikan, subsidi angkutan bisa dilakukan,” kata Jokowi. (fia/wen)

Exit mobile version