Site icon Cenderawasih Pos

Indonesia – Fiji Sepakat Perpanjang Kerjasama

Dr Melyana Pugu ketika memberikan materi dalam seminar internasional  Indonesia -  Fiji di Fiji, Selasa (26/3). (Melyana For Cepos)

JAYAPURA – Membangun hubungan yang lebih intens antar dua negara, KBRI Suva berkolaborasi dengan Fiji National University menyelenggarakan kegiatan seminar Internasional.

Kegiatan yang digelar di Fiji pada Selasa (26/3) ini menghadirkan salah satu pemateri, Dr Melyana Pugu S.IP M.Si yang juga menjabat sebagai Ketua Pusat Studi Indo-Pasifik Uncen. Seminar tersebut berjudul Indonesia – Fiji Updates and Perspectives For Closer Collaboration dan Melyana membawakan presentasi yaitu Indonesian Democratic Perspectives: Lesson Learned That Can be Shared With Fiji, Including The Histori and Democratization Process in Indonesia.

“Ini merupakan forum diskusi dan diseminasi informasi kepada masyarakat Fiji mengenai perkembangan terkini Indonesia dan hubungan bilateral RI-Fiji,” kata Melyana saat menghubungi Cenderawasih Pos usai kegiatan, Kamis (28/3).

Wanita yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan I Fisip Uncen ini menjelaskan bahwa tujuan agenda ini adalah meningkatkan hubungan baik Indonesia – Fiji seperti yang sudah terbangun selama ini sekaligus membantu sector UMKM.

“Indonesia berencana Juni besok akan melakukan kegiatan mengolah bambu. Mengajarkan masyarakat Fiji bagaimana mengolah bambu sehingga memiliki nilai ekonomi lebih baik,” tambahnya.

Selain itu  dari kegiatan yang dihadiri  sejumlah pejabat Fiji, korps diplomatik, akademisi, mahasiswa dan masyarakat umum di Fiji ini dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara Universitas Cenderawasih dan Fiji National University.

“Jadi ada juga kerjasama kerjasama yang disebut Fiji – Indonesia Friendship association,” beber Melyana. Sehari sebelumnya Universitas Cenderawasih juga telah menandatangani MOU antara University of South Pacific di Suva Fiji dan sore hari setelah seminar dilanjutkan dengan acara launching Fiji Indonesia Friendship Association (FiFA) yang dihadiri langsung oleh Presiden Fiji, Ratu Williame Maivalili dan Indonesia dihadiri oleh Dubes Indonesia Untuk Fiji H.E Ambassador Dupito Simamora.

“Kami berharap dari kemitraan atau kerjasama ini bisa terjadi saling tukar menukar informasi atau mungkin ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutup Melyana. (ade/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version