Site icon Cenderawasih Pos

Terpilih Menjadi Rektor, Mabui Akan Jadikan Uniyap Unggul di Kawasan Timur

Suasana pemilihan Rektor baru Universitas Yapis Papua (Uniyap), di Aula Prof. Soedarto, Uniyap  Kamis (4/7) kemarin. (Foto Jimi cepos)

JAYAPURA -Setelah melewati berbagai rangkaian kegiatan mulai dari penjaringan, penyaringan hingga pemilihan. Universitas Yapis Papua (Uniyap) akhirnya telah memiliki rektor baru pada, Kamis (4/7) di Aula Prof. Soedarto L. 7 Universitas Yapis Papua (Uniyap).

Dr. Ir. Didik. S.S. Mabui, ST,  MT, terpilih menjadi Rektor baru Universitas Yapis Papua (Uniyap) periode 2024-2028. Dr. Ir. Didik setelah memperoleh suara terbanyak dan mengungguli dua kandidat lainnya, yakni Dr. Jayanti Puspitaningrum, SH, MH, M.Kn. dan Dr. Abdul Rasyid, S.Pd, SE, M.Si.

Berdasarkan rekapitulasi suara total mencapai 21 suara. Dr. Ir. Didik unggul dengan 12 suara, disusul Dr. Abdul Rasyid memperoleh 6 suara, dan Dr. Jayanti 0 suara, sementara tiga suara lainnya tidak memilih atau yang bersangkutan tidak hadir. Perose pemilihan itu dipimpin oleh, Ketua Senat, Dr. Suwito, SH, MH.

Sekretaris Umum Yapis Papua, H. Heri Wahyudianto, SE, MM, berharap dari hasil tersebut dapat diterima oleh 18 orang aktivitas senat yang hadir dari jumlah keseluruhan 21 orang.

“Semuanya bisa menerima dengan penghitungan sebagaimana yang kita lihat bersama,” kata Heri kepada Cenderawasih Pos, Kamis (4/7) kemarin.

Dia berharap dengan regenerasi rektor yang baru ini bisa membawa Yapis yang lebih unggul, gemilang dan bisa mengikuti perkembangan dan perubahan kemajuan teknologi sekarang ini.

“Saya yakin rektor terpilih akan didukung oleh semua senat dan para dekan fakultas, Insya Allah akan menjadikan universitas yang profesional. Dan dalam internal mengkolidasikan sehingga hubungan antara kompotisi bisa harmonis dan membawa Yapis menjadi perguruan tinggi yang bagus di wilayah timur Indonesia,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Senat Uniyap, Dr. Suwito, SH, MH menjelaskan UNIYAP telah menyelenggarakan agenda puncak dari seluruh tahapan pemilihan rektor yang dimulai dari tahap penjaringan, penyaringan, dan pemilihan.

Hari ini, Kamis (4/7) kata dia adalah, pemilihan rektor untuk menentukan calon rektor terpilih yang akan menahkodai Uniyap. Harapannya kepada rektor terpilih kedepannya tetap bersinergi dengan calon rektor-rektor yang tidak terpilih.

Oleh karena itu lanjut dia, dengan terpilihnya rektor baru maka, proses suksesi kepemimpinan Uniyap kedepannya berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah kita bisa menyelenggarakannya , dengan suasana yang kondusif, transparan, akuntabel, dan tidak ada benturan kepentingan apapun,”jelasnya.

“Semua tidak terlepas dari kesadaran kita masing-masing bahwa Universitas Yapis Papua ini rumah kita bersama yang harus kita kembangkan dan maju bersama,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor terpilih UNIYAP periode (2024-2028), Dr. Ir. Didik. S.S. Mabui, ST,  MT berharap kedepannya ada sinergitas antara UNIYAP dan Yayasan Pendidikan Islam di Tanah Papua. Kemudian akan berusaha merangkul semua elemen-elemen universitas, dan dosen yang mempunyai kualitas untuk duduk bersama membangun Uniyap yang lebih maju.

  Dalam waktu dekat, Dr. Ir. Didik mengatakan akan merangkul semua elemen universitas maupun stakeholder diluar untuk membangun kerjasama untuk mengembangkan Uniyap menjadi universitas yang unggul di Tanah Papua, dan secara keseluruhan wilayah timur Indonesia.(kar/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version