Site icon Cenderawasih Pos

Bekuk Italia 3-1, Inggris Menjadi Tim Kedelapan yang Lolos

Timnas Inggris berhasil lolos ke putaran final Euro 2024. (Akun instagram resmi Timnas Inggris (@england))

INGGRIS berhasil memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2024 setelah mengalahkan Italia.  Tertinggal lebih dulu lewat gol Scamacca, Inggris berhasil membalikkan skor menjadi 3-1 lewat sepasang gol Harry Kane dan satu gol Rashford. Tambahan dua gol Harry Kane menjadikan koleksi golnya kini menjadi 24 gol untuk Inggris dan melampaui rekor Bobby Charlton.

Mengawali laga kedua tim berupaya mengembangkan permainan dan berupaya mencuri kesempatan berburu gol.  Pada menit 15 tim tamu, Italia berhasil mencuri gol lebih dulu lewat Gianluca Scamacca. 

Scamacca dengan cerdik memanfaatkan celah yang ditinggalkan oleh Stones. Umpan dari Di Lorenzo dengan cermat disambar eks striker West Ham tersebut dan membawa Italia unggul 0-1. 

Pada menit 23 Italia nyaris menggandakan keunggulan, namun sayang tembakan Scamacca masih melebar tipis dari gawang Inggris

Memasuki menit 32 petaka menghampiri kubu Italia saat wasit menghadiahi penalti untuk The Three Lions. Kejadian itu berawal dari penetrasi Bellingham yang  memaksa Di Lorenzo melanggarnya di kotak terlarang. 

Setelah pemeriksaan VAR wasit dengan tegas menunjuk titik putih. Harry Kane yang menjadi algojo dengan tenang menaklukkan Donnarumma.  Sepakannya berhasil menjebol gawang Italia dan membawa skor imbang 1-1. 

Tak ada lagi gol tercipta di babak pertama, skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu turun minum. 

Memasuki babak kedua, Inggris berhasil menggandakan gol pada menit 57. 

Umpan Jude Bellingham berhasil dikonversi menjadi gol oleh Marcus Rashford dan membawa Inggris unggul 2-1.

Inggris berhasil melakukan kill the game pada menit 77 lewat Harry Kane. 

Harry Kane mencetak gol keduanya setelah sepakannya tak mampu dihalau oleh Donnarumma dan membawa Inggris menambah keunggulan 3-1.

Gol Harry Kane menjadi gol terakhir dalam laga ini dan menjadikan skor akhir  3-1 untuk kemenangan Inggris

Berkat kemenangan ini  Inggris tak terkejar di puncak klasemen dengan raihan 16 poin, sementara Italia tergeser ke peringkat ketiga setelah  Ukraina berhasil menang atas malta dengan skor 1-3. 

The Three Lions memastikan satu tempat di babak putaran final Euro 2024 Jerman. Sementara Italia harus menjalani laga penentuan menghadapi Ukraina pada laga berikutnya. 

Usai laga Nicolo Barella meminta teman-temannya untuk bangkit dan mengambil pelajaran dari laga ini untuk meraih hasil positif di laga berikutnya. 

“Untuk mencapai Euro, Italia harus menjadi Italia. kami harus menang dan memanfaatkan peluang dengan lebih baik dari hari ini. Lakukan itu, dan kami akan baik-baik saja.” Ucap Barella dilansir dari laman resmi UEFA. 

Sementara gelandang Inggris, Kalvin Phillips memuji reaksi positif rekan-rekannya yang berhasil bangkit usai tertinggal lebih dulu. 

“Kami jelas sangat senang. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit, dan kemudian kami tertinggal lebih dulu. Namun kami menunjukkan kekuatan untuk bangkit sebagai tim dan bereaksi positif. kami berhasil melakukannya malam ini.” Pungkas Kalvin Phillips. 

Sumber: UEFA.com      |      Jawapos

Exit mobile version