Site icon Cenderawasih Pos

Penerimaan Mahasiswa di Uncen Sudah Sesuai Aturan

Dr. Septianus Saa, S.Sos., M.Si,  (foto: Karel/Cepos)

JAYAPURA-Akhir Juli 2024 lalu sejumlah mahasiwa dari berbagsi fakultas menggelar aksi di Kampus Uncen atas. Aksi itu memprotes tidak lolosnya sejumlah calon mahasiswa baru angkatan 2024/2025 ini.

   Menanggapi hal itu Pembantu Rektor (PR) III Uncen, Dr. Septianus Saa, S.Sos., M.Si. mengatakan akademik punya aturan yang struktur dan sistematis. Terkait aksi tersebut pihaknya tidak dapat memberikan penjelasan yang rinci. Sebab dianggap sudah di luar aturan.

  “Kampus punya aturan, mulai dari penerimaan, proses perkuliahan hingga kelulusan, jadi sudah ada regulasinya semua,” kata Septianus, Senin (12/8)

   Terkait demontrasi kemarin, calon mahasiwa baru yang tidak lulus ini, kata dia rata rata mahasiwa yang tidak mengikuti tes. Sehingga tidak mungkin diakomodir, sementara ketentuan kelulusan itu mengacu pada hasil ujian.

  “Semua punya aturan, mahasiwa yang diterima saat ini sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan akademik,” tuturnya.

   Hal lain sebagai BLUD, Uncen cukup ketat menerima mahasiwa baru, sebab berkaitan dengan mutu atau kualitas lulusan. “Sebagai BLU kita harus mampu menjual, artinya kualitas lulusan akan memacu nilai jual Kampus ini kepada masuarakat,” jelas Septianus.

  Tidak hanya untuk kemajuan perguruan tinggi, ketatnya regulasi di Uncen ini, mendorong mutu mahasiwa. “Artinya ketika dari awal saja sudah tidak mau ikut aturan, lantas bagaimana dengan proses perkuliahan nanti, sementara kita sekarang sudah fokus peningkatan mutu lulusan,” tegasnya.

  Sehingga diapun mengimbau bagi mahasiswa yang tidak lulus di Uncen, tetap semangat sehingga di tahun akademik mendatang bisa ikut seleksi dan dapat berkuliah di kampus tertua di tanah Papua itu.

  “Jangan patah semangat kalaupun tahun ini belum lulus, saya yakin tahun depan anak Papua akan lebih banyak yang hebat masuk di Uncen, dengan catatan harus persiapkan diri dengan matang,” pungkasnya (rel/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version