Site icon Cenderawasih Pos

Dinkes Lakukan Peremajaan Fasilitas Penunjang Layanan

Ni Nyoman Sri Antari (FOTO:Mboik Cepos)

JAYAPURA– Dinas Kesehatan Kota Jayapura melakukan peremajaan terhadap fasilitas-fasilitas penunjang layanan tenaga kesehatan, terutama mobil ambulans dan mobil Puskesmas keliling.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari mengatakan pengadaan mobil penunjang pelayanan tenaga medis di fasilitas-fasilitas dianggarkan tahun ini senilai Rp 2,9 miliar lebih, melalui anggaran dana alokasi khusus 2024.

   Menurut Sri Antari, Dinas Kesehatan Kota Jayapura tahun ini mendapatkan besaran anggaran DAK  lebih dari Rp 21 miliar.   “Tahun ini untuk pembelanjaan kendaraan Puskesmas keliling dan juga mobil ambulans senilai Rp 2,9 miliar,” kata  Ni Nyoman Sri Antari, Rabu (11/9).

   Dia mengatakan pengadaan kendaraan operasional untuk menunjang kegiatan tenaga medis di lapangan itu sebenarnya sebagai upaya peremajaan terhadap kendaraan-kendaraan Puskesmas dan ambulans yang sudah ada.

    “Ini peremajaan mobil Puskesmas keliling, dan juga mobil ambulance emergency,” ujarnya.

Ada empat unit mobil pengadaan tahun ini, yakni satu unit  ambulance emergency  untuk Puskesmas Abepura, senilai  Rp 740 juta. Mobil  ambulance  emergency Rumah Sakit Ramela senilai Rp 949 juta lebih, kemudian dua unit mobil Puskesmas keliling, masing-masing  senilai Rp 640 juta per unit, untuk  puskesmas Emereuw dan Puskesmas Ely Uyo.

   “Jadi sekali lagi ini untuk peremajaan, supaya mobil itu benar-benar layak digunakan oleh nakes  kita yang menjadi ujung tombak pelayanan di Puskesmas,” bebernya.

   Sementara itu, Penjabat Walikota Jayapura, Christian Sohilait berharap dengan adanya pengadaan mobil operasional baru bagi rumah sakit dan Puskesmas yang mendapatkan jatah tahun ini dapat meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat terutama untuk mencapai kesehatan masyarakat yang maksimal.

   “Saya berharap dengan adanya kendaraan ini, pelayanan kesehatan kita terhadap masyarakat di kota Jayapura semakin meningkat,” tambahnya. (roy/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version