Site icon Cenderawasih Pos

Dinkes Siapkan 10 Unit Ambulance dan Tim Medis Amankan HAN

Sejumlah anak yang akan dilibatkan dalam peringatan Hari Anak Nasional di Jayapura,  berfoto bersama dengan PJ Walikota Jayapura, usai latihan bersama di Lapangan apel kantor walikota Jayapura beberapa waktu lalu. (FOTO:Mboik Cepos)

JAYAPURA– Dinas Kesehatan Kota Jayapura telah melakukan persiapan terkait pengamanan dan penanganan terhadap masyarakat maupun anak-anak yang akan dilibatkan dalam acara Puncak peringatan Hari anak nasional (HAN) yang bertempat di Jayapura pada akhir Juli ini.

“Kami sudah menyiapkan 10 ambulance dan timnya, dokter dan perawat dan driver pastinya,”kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari,  Senin (8/7) kemarin.

Dia mengatakan yang paling diantisipasi pada saat pelaksanaan kegiatan itu adalah kelelahan dan  dehidrasi yang bisa saja dialami oleh anak-anak ataupun orang dewasa.  Apalagi kegiatan serupa dan pengalaman serupa juga pernah terjadi pada pelaksanaan kegiatan Pon 20 di Papua beberapa waktu lalu.  Di mana saat itu lebih dari 20 anak  harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit akibat kelelahan dan dehidrasi .

“Kita belajar dari PON 2021 di Papua itu,  25 anak dari penari kolosal,  masuk rumah sakit dok 2 dan juga ada event-event lainnya.  Jadi yang melibatkan masa banyak orang itu yang paling diantisipasi.  Yang paling rawan terjadi itu adalah dehidrasi sehingga itu yang paling diantisipasi,”ujarnya.

Karena itu selain persiapan penanganan cepat  pada saat kejadian, pihaknya juga memastikan di setiap kendaraan ambulans yang disiagakan itu memiliki ketersediaan air minum yang cukup,  kemudian cairan penambah gula.

“Jadi adalah di dalam mobil ambulans pertolongan pertama medis,  selain obat emergency,”jelasnya.

Dia mengatakan yang sudah dipastikan ada sekitar 40 personil di medis dengan 10 kendaraan ambulans yang sudah dipastikan akan disiagakan pada puncak hari anak nasional tersebut.

“Jadi ada 10 tim yang kami siagakan ada dokter tim perawat dan juga tentunya sopirnya,”ujarnya.

Dia juga meminta orang tua dari masing-masing siswa yang terlibat dalam tarian kolosal itu supaya memastikan anak-anak mereka makan pagi atau sarapan serta minum atau mempersiapkan air pada saat sebelum acara tersebut dilaksanakan.

“Ya saya mengajak orang tua untuk memastikan anak-anak untuk makan dan juga minumnya harus dijaga dengan baik dan itu harus dipastikan sebelum mereka mengikuti kegiatan tarian kolosal ini,”pungkasnya.(roy/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version