Site icon Cenderawasih Pos

Gunakan Joki, Lima  Peserta UTBK SNBT Langsung Gugur

Peserta SNBP sedang mengikuti UTBK di Uncen, Selasa (30/4). (foto:Karel/Cepos)

Tahun 2024 ini, Uncen Buka Kuota 5.190 Mahasiswa Baru

JAYAPURAPeserta lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT) di Universitas Cendrawasih tahun 2024 mulai mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), Selasa (30/4). UTBK SNBP ini digelar di beberapa tempat, salah satunya di kampus utama di Uncen.

  “Selain di Kampus utama, UTBK SNBT juga akan digelar di 6 Mitra Uncen di 6 wilayah di Papua,” jelas Rektor Uncen Oscar Oswald O. Warmrauw.

   Adapun jumlah peserts UTBK-SNBT Universitas Cenderawasih tahun 2024 sebanyak 1.585 peserta. Jumlah ini menurutnya mengalami penurunan sekitar 254 peserta dari tahun 2023 yang berjumlah 1.839 peserta.

  “Karena jumlah yang mendaftar tahun ini berkurang, sehingga UTBK-SNBT Uncen hanya dilakukan 1 gelombang saja,” katanya.

   Khusus untuk kampus utama jumlah peserta UTBK-SNBT 847 Peserta, dari jumlah inipun berkurang 5 orang. Hal itu terjadi karena 5 orang peserta ini melakukan tindakan yang melanggar ketentuan panitia.

   “Jadi tadi itu mereka menggunakan Joki, artinya karena alasan sakit, lalu ke 5 peserta ini menggantikan orang lain untuk UTBK, tindakan ini jelas melanggar ketentuan, sehingga ditolak dan untuk ke-5 peserta joki itu dinyatakan gugur,” tegasnya.

   Setelah UTBK-SNBT, Uncen juga akan menggelar UTBK Jalus Masuk Seleksi Bersama (JMSB). Jadwal Pendaftaran JSMB dibuka mulai 20 Mei-20 Juni 2024. Kemudian jadwal UTBK, mulai 26-27 Juni 2024.  “Kelas yang dibuka pada penerimaan UTBK-JMSB ada 2 yaitu, reguler dan non reguler. Untuk reguler diperuntukan bagi siswa lulusan SMA tahun 2024, 2023 dan 2022.

Sementara non reguler, diberlakukan bagi, lulusan SMA tahun 2021, 2020 dan sebelumnya. Kemudian untuk mahasiwa transfer/RPL, lulusan diploma (D1-D3) serta kelas   kerjasama baik Pemda maupun lainnya.

   Selain itu pada JMSB juga akan dibuka penerimaan pada 2 lokasi  Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yaitu, PSDKU Biak,  Pilihan program studi, yaitu pendidikan Guru Sekolah Dasar ( S1-FKIP), Hubungan Internasional (S1-FISIP). Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1-FKM) serta beberapa prodi lainnya.

   Untuk tahun 2024 ini, daya tampung  di Uncen 5.190 mahasiswa. Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, tentang penerimaan mahasiswa, SNBP minimal 20 persen dari total daya tampung,

    Kemudian UTBK-SNBT minimal 40 persen dari total daya tampung. Lalu jalur mandiri maksimal 30 persen dari total daya tampung. “Kuota ini hanya berlaku bagi calon mahasiswa jenjang sarjana strata satu (S1) dan Diploma Tiga (D3), tidak termasuk pada S2 dan S3,” kata Oscar. (rel/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version