Site icon Cenderawasih Pos

Masjid Agung Al Aqsa Sentani Diresmikan, Habiskan Rp 30,3 M Lebih

Gubernur Papua M.Ridwan Rumasukun, meresmikan Masjid Agung Al Aqsa Sentani, Hari Jumat (17/5) kemarin. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita sekaligus menandatangani prasasti. (foto:Priyadi/Cepos)

SENTANI -Pj Gubernur Papua M.Ridwan Rumasukun, Jumat (17/5)kemarin  meresmikan Masjid Agung Al Aqsa Sentani, yang ditandai dengan pengguntingan pita sekaligus menandatangani batu prasasti peresmian Masjid Agung Al Aqsa Sentani.

  Dalam kesempatan ini Pj Gubernur Papua M.Ridwsan Rumasukun juga menyerahkan bantuan wakaf Al Qur’an dan bantuan sapi hewan kurban serta bantuan dana pemberdayaan.

Dalam pesannya Rumasukun menyampaikan terima kasih kepada dewan penasehat, penanggung jawab, panitia pembangunan dan para jamaah Masjid Al-Aqsha Sentani dan berbagai pihak terkait lainnya, yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung, sehingga pembangunan masjid ini dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga dengan selesainya pembangunan masjid ini dilanjuti dengan pembangunan sarana prasarana lainnya, sehingga Masjid Al- Aqsha Sentani ini dapat dipergunakan dan memberikan manfaat bagi umat Islam dan warga sekitar serta umat lainnya,”ujarnya.

  Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Ichdar Tolat mengatakan, pembangunan Masjid Al Aqsa Sentani sudah berjalan 9 tahun 4 bulan 17 hari dimulai dari awal tahun 2015.

Dengan menghabiskan total anggaran lebih Rp 30,3 miliar,  terdiri dari bantuan dana tunai Rp  27.143.638.000. Sedangkan untuk bantuan bahan material jika diuangkan sebesar Rp 2.875.000.000, dengan luas bangunan masjid 30×45 M, dibangun dua lantai dengan kapasitas 2.300 jamaah.

  Diakui, untuk membangun masjid ini memang butuh perjuangan dan kini yang berat adalah setelah diresmikan bagaimana cara merawat dan menjaga masjid ini dengan baik, karena setiap bulan dibutuhkan dana operasional sekitar Rp 33 juta. Untuk itu, pengurus Masjid terus berusaha semaksimal mungkin supaya dana operasional ini tetap didapatkan dengan baik.

Oleh karena itu, dengan adanya halaman masjid yang bisa disewakan untuk parkir kendaraan, adanya kafe dan lainnya diharapkan bisa dimanfaatkan supaya ada pemasukan bagi masjid dalam membantu menambah dana operasional.(dil/ary)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version