Site icon Cenderawasih Pos

SD YPK Betlehem Jadi Contoh Bagi Sekolah Lain

PJ Bupati Jayawijaya Thony M Mayor, Spd, MM saat melakukan peresmian ruang kelas SD YPK Betlehem Wamena. (foto:Denny/ Cepos)

WAMENA – Memasuki tahun ajaran baru Pemerintah Kabupaten Jayawijaya meresmikan salah satu gedung kelas baru di SD YPK Betlehem Wamena. Menariknya pembangunan ini  merupakan hasil swadaya dari pihak sekolah melalui dana BOS dan Komite Sekolah. Bupati menganggap apa yang dilakukan patut dicontohi sekolah yang lain.

PJ Bupati Jayawijaya Thony M Mayor menyebutkan jika tahun ajaran baru 2024-2025 ini khusus di SD YPK Betlehem Wamena saat ini ada salah satu gedung baru yang bisa digunakan untuk proses belajar mengajar.

“Ini luar biasa karena membangun secara swadaya menggunakan dana BOS dan komite,”ungkapnya sabtu (27/7) di SD YPK Betlehem Wamena.

Menurutnya, khusus untuk pembangunan salah satu ruang kelas yang akan digunakan untuk kelas III adalah hasil shering dana antara sumbangan orang tua siswa melalui komite sekolah dan juga dana BOS yang dikelola oleh sekolah ini.

Hasilnya bisa terbangun dan memasuki tahun ajaran baru ini sudah bisa digunakan. “Ini murni swadaya sekolah dan masyarakat, memang kita tidak boleh tergantung 100 persen kepada pemerintah,”jelasnya.

Kata Thony Mayor, dari pembangunan ini menjadi contoh kepada sekolah yang lain yang ada di Jayawijaya    dan jangan dibebankan kepada pemerintah saja,” imbuhnya.

“Setiap sekolah memiliki dana Bantuan Operasional Sekolah yang masuk langsung ke rekening sekolah tanpa melalui pemerintah daerah, seharusnya ini juga bisa dialokasikan untuk melakukan pembangunan seperti yang saat ini sudah disaksikan bersama,” beber Thony.

Ditempat yang sama Kepala Sekolah SD YPK Betlehem Wamena Robert Ayer menyatakan meskipun gedung ini dibangun secara swadaya, sekolah, orang tua siswa melalui komite sekolah, namun pihaknya berharap pemerintah juga bisa mendukung sekolah ini untuk melaksanakan pendidikan di sekolah ini.

“SD YPK Betlehem ini siswa/ Siswinya semakin banyak sebelum ada gedung ini ada satu kelas yang menampung dua kelompok siswa, oleh karena itu kami berusaha untuk membangun satu gedung baru dan sudah bisa digunakan,” tutupnya. (jo/ade)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version