Site icon Cenderawasih Pos

DPD Partai Nasdem Terima Pinangan 11 Bacalon Bupati Merauke 

Sugiyanto, SH, M.Si  (foto:Sulo/Cepos)   

MERAUKE-  DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Merauke memiliki magnet tersendiri dari warga Merauke yang  saat ini ingin maju dalam pertarungan kepala daerah pada Pilkada serentak yang akan digelar 27 November mendatang. Pasalnya, partai pimpinan  Surya Paloh tersebut mendapat ‘pinangan’ dari 11 bakal calon bupati Merauke.

  ‘’Ada 11 bakal calon bupati  Merauke yang telah mendaftar kepada  kami di DPD Partai Nasdem Kabupaten Merauke,’’ kata Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Merauke yang juga menjabat sebagai Ketua DPR Kabupaten Merauke Sugiyanto, SH, M.Si, kepada wartawan di Kantor Bupati Merauke, Selasa (14/05/2024).   

Sugiyanto mengungkapkan, 11 bakal calon bupati Merauke yang telah mendaftar ke DPD Partai Nasdem tersebut  adalah Yoseph B. Gebze, Anthonius Kaize,  Christian Gebze, Guntur Ohoiwutun, Agustinus Tiansen, Christian Ndiken, Fransiskus Sirfefa, Simon Konorop, M. Rahman, David Dinaulik dan Magdalena omberop.

Menurutnya, ke-11  bakal calon yang mendaftar  ini akan menjalani proses penjaringan  yang akan dilakukan  DPP lewat DPW. Selanjutnya penentuan akan  dilakukan  oleh DPP.  ‘’Penentuannya nanti di DPP. Kita di daerah hanya menjalankan proses penjaringan dari bakal calon yang mendaftar ini,’’  jelasnya.

Soal  adanya bakal calon bupati yang mendaftar tersebut  telah mendapatkan rekomendasi dari DPP,  Sugiyanto dengan tegas  membantah hal itu. Pasalnya, proses  penjaringan ini masih berlangsung dan belum ada keputusan yang dikeluarkan  oleh DPP terkait siapa yang akan diusung oleh Partai Nasdem untuk bertarung dalam Pilkada  serentak 2024.

Sekadar diketahui, Partai Nasdem merupakan partai pemenang  Pemilu Legeslatif 2024. Meski sama-sama memperoleh 5 kursi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), namun dari sisi perolehan suara sah, Partai Nasdem  memperoleh total suara sah lebih  banyak dibandingkan dengan  PKB dan PDI-P.

Namun  begitu, Partai Nasdem  masih butuh koalisasi dengan partai lainnya untuk dapat mengusung  pasangan calon bupati Merauke. Karena syarat untuk dapat mengusung  pasangan calon minimal harus menguasai kursi 20 persen atau 6 dari 30 kursi di DPR Kabupaten Merauke. (ulo)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version