Site icon Cenderawasih Pos

Harus Jaga Kedisiplinan dan Serius  Kembangkan Skill Saat PKL

Para peserta didik SMKN 1 Sentani yang dilepas untuk mengikuti PKL TA 2023/2024 selama 5 bulan hingga Maret 2024. Mereka  dilepas oleh Plt Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Eqberth C. Kopeuw bersama Kepala SMKN 1 Sentani Richardus Stanilaus Poana,ST,, disaksikan para orang tua peserta didik di aula SMKN 1 Sentani, Selasa (7/11) kemarin. (foto:Priyadi/Cepos)

Pelepasan Peserta Didik SMKN 1 Sentani yang akan Mengikuti PKL Selama 5 Bulan

Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah satu kewajiban yang harus dilakukan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian dan SMKN 1 Sentani melepas peserta didiknya untuk mengikuti PKL selama 5 bulan.

Laporan : Priyadi/Cepos

Sebanyak 275 peserta didik kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Teknologi dan Rekayasa,Sentani, Kabupaten Jayapura, tahun ajaran 2023/2024 dilepas secara resmi oleh Plt Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Eqberth C. Kopeuw bersama Kepala SMKN 1 Sentani  Ricardus S. Poana, ST, disaksikan para orang tua peserta didik untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama lima bulan ke depan terhitung dari Bulan November 2023 hingga Maret 2024.

Dalam pesannya, Plt Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Eqberth C. Kopeuw kepada peserta didik yang mengikuti PKL selama 5 bulan ke depan, untuk mengikuti PKL dengan baik dari awal hingga akhir,  menjaga nama baik sekolah, nama pribadi dan orang tua. Ikuti semua aturan yang ada disetiap PKL, selalu jaga kedisiplinan mulai dari diri sendiri dengan menjaga sopan santun saat bekerja, menggunakan pakaian kerja sesuai aturan dan bisa terapkan budaya 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun).

Untuk para guru pembimbing atau pengawas selama PKL juga bisa mengecek setiap hari kehadiran peserta didiknya, sehingga  jika ada kendala bisa diatasi secepat mungkin,  karena ini membawa nama baik sekolah, dinas dan daerah.

Di tempat sama, Kepala SMKN 1 Jayapura Richardus S. Poana, ST, menambahkan, pelaksanaan PKL SMKN 1 Sentani TA 2023 diikuti 275 yang terbagi peserta didik laki-laki ada 228 orang dan 47 perempuan dari berbagai jurusan diantaranya ada jurusan teknik elektronika, teknik pengelasan dan fabrikasi logam, teknik ketenagalistrikan, teknik konstruksi dan perumahan, teknik otomotif, teknik elektronika,  teknik jaringan komputer dan komunikasi, program keahlian teknik desain permodelan dan infrastruktur bangunan, program keahlian teknik konstruksi dan perumahan.

“Untuk sebaran PKL terbagi ada di swasta 68 tempat,  termasuk di perhotelan, pemerintahan 19, BUMN 3 tempat sehingga totalnya ada 90 sebaran lokasi PKL,  termasuk sampai di Kota Jayapura bahkan ada dua peserta didik yang PKL ikut di Jakarta di salah satu pabrik terkenal,”jelasnya.

Kepsek berpesan, selama mengikuti PKL diharapkan bisa mengikuti dengan baik, karena ini bagian penting dalam mengikuti pembelajaran di SMK dan wajib diikuti. PKL dilakukan selama 5 bulan sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar.

Di tempat sama, Ketua Poja PKL SMKN 1 Sentani, Abidik, mengatakan, tujuan dari PKL adalah menumbuhkan kembangkan karakter dan budaya kerja yang profesional pada peserta didik, meningkatkan kompetensi peserta didik sesuai kurikulum dan dunia kerja, menyiapkan kemandirian peserta didik untuk bekerja dan berwirausaha, PKL merupakan program pembelajaran inti kejuruan bagi peserta didik SMK.(*)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version