Site icon Cenderawasih Pos

Langsung Terbang ke Jakarta Temui Tito Karnavian

Sofia Bonsapia, SH., M.Hum (foto;Elfira/Cepos)

JAYAPURA – Sofia Bonsapia, SH., M.Hum, perempuan kelahiran Adadikam, 12 September 1970 silam dipercayakan menjadi Pj Bupati Biak Numfor. Ia menggantikan bupati sebelumnya, Herry Naap.

Sofia dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 100.2.1.3-643 Tahun 2024, tanggal 29 Februari 2024 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Biak Numfor Provinsi Papua. Dengan masa jabatan paling lama 1 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan.

Ibu tiga anak ini dilantik Pj Gubernur Papua, M Ridwan Rumasukun di lantai 9 Kantor Gubernur, Selasa (19/3). Usai pelantikan, ia langsung terbang ke Jakarta untuk menghadap Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian.

Tak pernah terpikirkan di benak Sofia bahwa dirinya menjadi seorang pemimpin di tanah kelahirannya sendiri. Pasalnya, ada tiga nama yang disusulkan menjadi Pj Bupati saat itu.

“Pj Gubernur yang menunjuk saya sesuai pertimbangan dan kewenangannya, diutamakan  keberpihakan kepada perempuan Papua untuk memimpin,” ucap perempuan kelahiran Biak ini.

Menjadi seorang ibu juga pemimpin di tanah kelahirannya, Sofia berkata akan bertindak tegas sesuai aturan yang ada. Menjalankan tugasnya sebagaimana ketentunannya. “Dalam melaksanakan tugas kedinasan, kita tidak tidak bisa melihat apakah dia itu perempuan atau laki laki. Tetap berjalan seperti biasa, tidak ada perbedaan,” kata dia.

Usia dilantik, Sofia mengatakan dirinya langsung melaksanakan tugasnya sebagai Pj Bupati Biak. Setibanya di biak, ia mengumpulkan forkompimda untuk membicarakan program program kedepan, termaksud membahas keamanan di Kota Karang itu.

Perempuan lulusan Uncen ini mengaku memprioritaskan program nasional dan daerah, seperti penanganan stunting, inflasi dan kemiskinan ekstrem. Juga mensukseskan Pilkada  pemilihan bupati definitif dan Gubernur Papua.

“Tugas utama saya adalah menyukseskan Pilkada, pengendalian inflasi, stunting, kemiskinan eksterm, melihat UMKM. Selain itu menjalankan tugas yang menjadi keputusan Mendagri selama kepemimpinan saya,” ujarnya.

Pendekatan yang dilakukan Sofia adalah merangkul semua masyarakat yang ada di tanah kelahirannya itu. Melanjutkan program yang sudah ada sejak Bupati Biak sebelumnya.

“Sebagai orang pribumi, ingin membangun daerah tempat dimana saya dilahirkan. Agar masyarakat hidupnya maju, sehat dan bisa produktif sesuai dengan visi misi kita,”

Diketahui, jabatan Sofia Bonsapia di lingkungan Pemprov sebagai Kepala Biro Hukum Setda Papua.  Dengan latar belakang pendidikan SD Inpers Numfor tahun 1981, SMPN 2 Biak (1987), SMA YPK Biak (1990),  S1 Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih (1996), S2 Fakultas Hukum Jurusan Hukum Ketatanegaraan Univ Atmajaya Yogyakarta (2008).

Sofia diangkat sebagai calon PNS pada  1-12-1997, kemudian diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Merauke tahun 1999.

Untuk pengalaman jabatan atau pekerjaan, ia menjadi Kepala Sub Bagian Pembinaan Produk Hukum Daerah kab/kota tahun 2004. Kepala Bagian Bantuan Hukum tahun 2012, dan menjadi Kepala Biro Hukum Setda Papua tahun 2022 hingga saat ini. (fia/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version