Site icon Cenderawasih Pos

Kapolda: Kedepankan Rekrutmen dengan Prinsip BETAH!

Parade para Bintara Polri Gelombang l (satu) tahun anggaran 2024  yang telah menyelesaikan pendidikan dan dilantik menjadi anggota Polri di  lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Papua, Kamis (11/7).  (foto:Jimi/Cepos)

489 Siswa Dinyatakan Lulus Pendidikan Bintara Polri 

JAYAPURA_Sebanyak 489  Bintara Polri gelombang l (satu) tahun anggaran 2024  telah menyelesaikan pendidikan dan dilantik menjadi anggota Polri di  lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Papua, Kamis (11/7).

Kapolda Papua, Irjen.Pol. Matheus D Fakhri, S.I.K, M,H, membuka upacara penutupan Pendidikan pembentukan Bintara Polri gelombang l (satu) tahun anggaran 2024 di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Papua.

   Mereka yang telah di nyatakan lulus ini, siap mengabdi untuk Negara. Jumlah tersebut berasal dari Polda Papua sebanyak 294 orang dan Polda Papua Barat sebanyak 195 orang.

   Setelah menempuh pendidikan selama lima bulan, 489 Bintara Polri yang terdaftar dalam Sekolah Polisi Negara Polda Papua, Jayapura  dinyatakan lulus. Upacara penutupan pendidikan digelar di Lapangan SPN Papua, Kota Jayapura, Upacara dihadiri sejumlah petinggi Polda Papua beserta keluarga siswa.

   Dari jumlah tersebut terdapat tiga Bintara yang berprestasi dan memperoleh nilai tertinggi. Ketiganya antara lain: Pertama, M. Ariel Junian Aziz (19) mendapatkan predikat Cendekia, dengan perolehan Nilai 78,92, asal kiriman Polres Boven Digoel. Kedua, Waynen B Kyeu Kyeu (21), mendapatkan predikat tertambah, kiriman dari Polres Jayapura. Ketiga, Sandy Putra Makmur (21), mendapatkan predikat Trengginas, kiriman dari Polres Jayapura kota.

   “Program pendidikan ini tentunya menjadi aspek penting untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal. Melalui penambahan jumlah personel, diharapkan penyebaran pelayanan Publik semakin meningkat dan kehadiran polisi di tengah lingkungan sosial akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.” ujar Irjen Fakhri dalam sambutannya.

    Ia menyebut Polri berkomitmen untuk selalu mengedepankan rekrutmen dengan prinsip BETAH yaitu bersih, transparan, akutabel, dan humanis, Jadi dengan prinsip tersebut, kata Irjen Fakhri, Kepolisian Republik Indonesia berkomitmen untuk siapapun sesuai dengan persyaratan yang dipenuhi, dapat mengikuti seleksi.

    Tak lupa  Kapolda Papua juga  menyampaikan apresiasinya kepada para orang tua siswa atas keberhasilan putranya menjadi Bintara Remaja Polri yang baru dilantik. “Doa dan dukungan Bapak Ibu sekalian merupakan dorongan spiritual kepada putra Bapak Ibu dalam menjalankan tugas Kepolisian dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum yang profesional,”ungkapnya

   Irjen Fakhri berharap para siswa yang telah dilantik mampu memenuhi harapan masyarakat, dengan berorientasi tugas kepada kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum yang berkeadilan, menghormati Hak Asasi Manusia serta mengawal proses Demokrasi.

  Di akhir sambutannya Irjen Fakhri mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kasepolwan, Kapusdik, Brimob, Kapusdik Polair Lemdiklat Polri serta KA SPN Polda Papua beserta Staf, pengasuh, instruktur, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

  Di tempat yang sama Irjen Fakhri juga menyampaikan bahwa Polri telah berhasil menambah personel golongan Pangkat Bintara dan Tamtama sebanyak 9.704 orang yang terdiri dari 9.030 polisi laki-laki dan 674 polisi wanita. Jumlah tersebut terbagi kedalam 7.517 Bintara polisi tugas umum, 588 Bintara Brimob, 51 Bintara polair, 1.397 tamtama Brimob, dan 151 Tamtama Polair.

  “Bintara dan Tamtama ini akan menjadi garda terdepan pelaksanaan tugas Polri di lapangan mereka yang akan berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat,” pungkasnya.

   Adapun pesan yang Dia sampaikan kepada 489 siswa yang baru lulus itu, untuk dijadikan pedoman dan dilaksanakan dalam melaksanakan tugas, Pertama, Jaga dan tingkatkan selalu keimanan dan ketakwaannya kepada Tuhan yang maha Esa sebagai landasan moral dan spiritual.

   Kedua, pegang teguh serta amalkan nilai leluhur Tribrata dan catur pratsetya sebagai pedoman dalam langkah pengabdian ingsan Bhayangkara sejati. Ketiga, senantiasa menjaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga dan institusi. Keempat, jadilah panutan dan teladan dalam kehidupan bermasyarakat. Kelima

   Seperti diketahui upacara tersebut diawali dengan pernyataan kelulusan dan diakhiri dengan pengambilan sumpah di hadapan seluruh hadirin. Suasana haru para orang tua dan para bintara Polri ini, saat bertemu kembali usai menjalani pendidikan hampir 5 bulan lebih ini. (kar/tri)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version