Site icon Cenderawasih Pos

Lakukan Segala Upaya Untuk Cegah Korupsi

Novel Baswedan saat memberikan arahannya, Kamis (9/11) (foto: Foto/Humas)

JAYAPURA – Praktik korupsi membuat banyak kerugian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Bahkan, dalam perspektif usaha, praktik korupsi membuat daya saing menjadi lemah dan merugikan semua pihak.

   Hal itu disampaikan Wakil Ketua Tim Satgas Khusus Pencegahan Korupsi Polri, Novel Baswedan pada acara sosialisasi Antikorupsi dalam rangka kegiatan presisi cegah korupsi di Jayapura. Kegiatan ini mengusung tema Pencegahan Korupsi pada Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Pemerintah bagi Pelaku Usaha.

   “Instusi Polri menyatakan siap mendukung pemerintah daerah dan masyarakat Papua untuk melakukan segala upaya dalam pencegahan korupsi,” kata Novel.

  Menurut Novel, praktik korupsi membuat banyak kerugian baik secara langsung maupun tidak langsung. “Kita perlu sadar bahwa selain punya kewajiban, kita juga harus melakukan segala upaya yang bisa mencegah korupsi,” kata Novel.

   Ia berharap, kegiatan ini dapat menambah wawasan dan memberikan pemahaman yang cukup untuk bisa melakukan upaya pencegahan korupsi yang sebaik-baiknya. Selain itu, membawa semua pihak untuk berkontribusi lebih jauh lagi dalam upaya anti korupsi.

  Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun mengatakan, korupsi masih menjadi masalah yang besar di Indonesia. Berdasarkan data penanganan korupsi tahun 2022-2023, total kasus korupsi mencapai 1.436 kasus.

  “Korupsi paling banyak ditemukan pada gratifikasi dan penyuapan sekitar 66% atau 948 kasus. Selain itu, tingkat pidana korupsi lain di daerah adalah terkait dengan pengadaan barang dan jasa (PBJ) sebanyak 309 kasus,” terang Ridwan.

   Dikatakan Ridwan, tantangan dalam pencegahan korupsi pada area PBJ salah satunya adalah integritas dan kompetensi SDM yang melaksanakan PBJ. Sistem atau lingkungan yang didedikasikan untuk mencegah korupsi dalam PBJ oleh pemerintah juga masih belum sepenuhnya terbentuk.

  “Tantangan lain yaitu masih terjadinya dorongan kepentingan tertentu untuk mendapatkan proyek dari penyedia maupun pihak lain. Karena itu, saya mengajak kita semua mendukung penuh pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan terus berkolaborasi dan bersih,” pungkasnya. (fia/tri)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version