Site icon Cenderawasih Pos

Institut PN Dapat Sertifikat Akreditasi dari Kementerian ESDM

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin saat mengunjungi dan menyapa peserta didik Institut Pertambangan Nemangkawi milik PT Freeport Indonesia pada 12 Juli 2023, sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika, Papua Tengah. (foto:Doc/PTFI)

MIMIKA – Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) PT Freeport Indonesia mendapatkan Sertifikat Akreditasi B sebagai Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Juru Las, Juru Listrik, dan Operator Alat Berat, serta akreditasi C untuk Mekanik Alat Berat dari Komisi Akreditasi Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (KA-LDP ESDM).

Dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Rabu (4/9/2024), Senior Vice President Community Development PT Freeport Indonesia (PTFI) Nathan Kum mengatakan, Akreditasi yang diperoleh ini merupakan pengakuan formal yang menyatakan bahwa suatu lembaga telah memenuhi persyaratan dalam melaksanakan pelatihan kerja oleh Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (KA-LDP ESDM).

Sertifikat Akreditasi ini diberikan setelah IPN melalui proses penilaian ketat. Penilaian tersebut meliputi aspek kelembagaan, perangkat pendidikan dan pelatihan, tenaga pengajar dan sarana prasarana.

Nathan menyebut, akreditasi dari KA-LDP ESDM ini merupakan pengakuan bahwa IPN mampu memberikan pelatihan dengan kualitas baik.

“Dengan diterimanya akreditasi ini mempertegas bahwa IPN yang dikelola oleh PTFI dapat memberikan hasil pelatihan yang kompeten, berkualitas dan kredibel,” kata Nathan.

General Superintendent IPN, Suzan Kambuaya menambahkan, IPN adalah Lembaga Pelatihan Kerja milik PTFI yang memberikan pelatihan keterampilan kerja di bidang Industri Pertambangan.

IPN merupakan investasi sosial dan komitmen PTFI untuk meningkatkan sumber daya manusia masyarakat Papua, khususnya menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dan siap kerja.

“Di tahun ini IPN fokus melatih di 6 kejuruan besar saja yaitu mekanik Alat Berat, mekanik mesin pabrik, juru listrik, operator alat berat, pekerja tambang bawah tanah atau miner, serta juru las,” kata Suzan.

Susan menjelaskan, tujuan pelatihan di IPN untuk menyiapkan anak-anak muda Papua agar memiliki keahlian dan keterampilan kerja.

Selain itu juga bertujuan agar anak-anak muda Papua memiliki perilaku yang positif dan menunjang mereka dalam persaingan dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari nanti.

Sementara itu, Ketua KA-LDP ESDM, Prahoro Nurtjahyo mengatakan bahwa Kementerian ESDM mengapresiasi IPN yang terus berkomitmen meningkatkan mutu sumber daya manusia khususnya di Papua.

“Kami apresiasi apa yang telah menjadi komitmen dari IPN serta kontribusinya dalam pengembangan SDM sektor ESDM,” tutupnya. (mww/wen)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version