Site icon Cenderawasih Pos

Sekolah Harus Kreatif dan Jangan Hanya Andalkan Dana BOS

PJ Bupati Jayawijaya Thony Mathius Mayor, S.Pd, MM saat melakukan kunjungan di SD Betlehem Wamena Sabtu kemarin. (foto:Denny/ Cepos)

Pemkab Jayawijaya Dorong Sekolah Swasta Kembangkan Sumber Daya Dilingkungannya

WAMENA – Pemkab Jayawijaya terus mendorong sekolah swasta di wilayah itu untuk bagaimana sekolah mengelola sumberdaya yang ada di sekolah seperti Dana Bantuan Operasional Sekolah dan juga komite sekolah untuk kepentingan dan kemajuan dari sekolah itu dalam memberikan pendidikan kepada siswanya.

Thony mengaku jika ia pernah menjadi guru, kepala sekolah bahkan menjadi kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya sehingga upaya untuk mengembangkan sumberdaya dilingkungan sekolah itu perlu dilakukan.

“Saat saya menjadi kepala sekolah, saya bangun rumah guru meskipun tidak pernah dapat APBD. Semua menggunakan APBN dan saya membuat proposal ke kementrian pendidikan dan kebudayaan,”ungkapnya Senin (29/7) di Wamena.

Menurutnya, ini contoh bagaimana mengembangkan sumberdaya sekolah, sehingga bila ada kerusakan kecil sekolah bisa mengusahan perbaikan itu oleh dana BOS  dan jangan berharap semua dari pemerintah.

“Saya minta kepada Dinas Pendidikan membuat juknis secara baik sehingga ketika anggaran itu disalurkan bisa membantu sekolah terutama peningkatan kesejahtrahan untuk melihat anak didik kita,”jelasnya.

Tahun ini dana otsus untuk Jayawijaya meningkat, hanya saja APBD terlambat lantaran penyerahan DPA nya juga terlambat sehingga memperngaruhi anggaran untuk tahun 2025 yang kembali turun lantaran disebabkan penyerapan anggaran otsus ini sangat minim khususnya di Dinas Pendidikan dan kesehatan.

Ia juga mengaku saat ini lahan untuk membangun sekolah ini sudah susah sehingga kalau sekolah mau membangun harus secara vertikal atau naik ke atas. “Ke depan sekolah -sekolah sebaiknya dibangun dua lantai.(jo/ade)

Layanan Langganan Koran Cenderawasih Pos, https://bit.ly/LayananMarketingCepos

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version