Site icon Cenderawasih Pos

Nenu Tabuni Launching Pasukan Kebersihan Kota

Penjabat Bupati, Puncak Nenu Tabuni saat  melaunching Pasukan Kebersihan Kota  atau  yang disingkat dengan PAS KE KO, di halaman kantor Bupati Puncak di Ilaga, Rabu (18/9/2024). (foto: Diskominfo Puncak)

ILAGA-Bertempat di halaman kantor Bupati Puncak, Penjabat (Pj) Bupati Puncak, Nenu Tabuni melaunching Pasukan Kebersihan Kota  atau yang disingkat dengan PAS KE KO.

PAS KE KO memiliki tugas penting untuk Ilaga yang merupakan ibukota Kabupaten Puncak. Tugas penting tersebut adalah menjadi pasukan pembersih kota.

Dengan ciri khas seragam berwarna orange, PAS KE KO berbaris di halaman kantor Bupati Puncak untuk melaksanakan launching, Rabu (18/9/2024).

PAS KE KO ini merupakan rekrutan tenaga honnorer kebersihan dari Dinas PUPR Kabupaten Puncak. Terdapat 140 orang yang direkrut untuk membersihkan 5 distrik yang ada di sekitar ibu kota Kabupaten Puncak ini.

Mereka yang direkrut ini merupakan para pemuda yang belum memiliki pekerjaan tetap. Penjabat Bupati Puncak, Nenu Tabuni mengatakan Pemerintah Kabupaten Puncak telah melaksanakan satu kegiatan untuk kebersihan kota ilaga, yaitu launching kebersihan kota  yang diberikan nama PAS KE KO kepanjangan dari Pasukan Kebersihan Kota.

“Mereka ini akan menangani kebersihkan di kota ilaga, berjumlah 140 orang. Ini juga dalam rangka mengurangi pengangguran di Kabupaten Puncak. Kami merekrut 140 orang dan mereka bertugas membersihkan kota di Kabupaten Puncak ini,” jelasnya.

“Di sini terdapat 5 distrik yang terletak di sekitar ibu kota kabupaten. Mereka 140 orang ini akan tersebar di distrik-distrik ini untuk membersihkan jalan-jalan yang ada. Dari 140 orang, 100 orang berfokus membersihkan jalan-jalan dan 40 orang akan bertugas membersihkan dan merawat jalur air hingga sampai ke PLTMH yang ada di Kabupaten Puncak,” tambahnya.

Nenu Tabuni juga berharap agar ibu kota kabupaten bisa bersih, kemudian lingkungan kantor-kantor terjaga dan jalan-jalan juga bersih.

“Kami berharap supaya masyarakat untuk tidak boleh membuang sampah sembarangan agar supaya daerah ini terlihat bersih,” pintanya.

Untuk operasional 140 personel PAS KE KO ini, Pemkab Puncak menurut Nenu Tabuni mengalokasikan dana sebesar Rp 4,2 miliar dari APBD Kabupaten Puncak. Dana tersebut nantinya digunakan untuk membayar gaji, serta biaya tambahan pendukung seperti peralatan kebersihan maupun bahan bakar untuk kepentingan proses pembersihan kota.

“Dana Rp 4,2 miliar ini kami sudah hitung dari sisi penggangaran. Penggangaran kita akan membayar tenaga honor mereka yang kita rekrut dari Dinas PUPR bidang kebersihan yang punya tanggung jawab harus buat SOP (Standar Operasi Pekerjaan),” jelasnya.

Nenu Tabuni meminta semua personel PAS KE KO dalam menjalankan tugas tetap memperhatikan SOP diantaranya memakai topi, kaus tangan, kacamata dan sepatu boot, agar tidak menimbulkan komplain terkait kesehatan.

“Kebersihan Ini bukan hanya tanggung jawab 140 orang, tapi saya berharap seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten puncak juga para aparatur sipil negara, kita sama-sama mendukung program yang kita canangkan ini supaya kota ini tetap bersih,” pungkas Nenu Tabuni.

Sementara itu, mewakili Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman  (DPUPKP) Kabupaten Puncak,  Kepala Bidang Bina Marga Andarias Tawaru menyampaikan penerimaan 140 orang ini bertujuan menjaga Ilaga harus dalam kondisi bersih.

“Kami menerima semua tanggung jawab yang diberikan oleh bapak bupati, kami siap melaksanakan. Dalam proses pembayaran gaji PUPR akan membuat SOP sesuai arahan pak bupati. Penggajian akan dilakukan secara tertib dimana jika terdapat honorer yang tidak kerja, maka gaji tidak akan dibayarkan atau bahkan akan gantikan dengan orang lain,”tegasnya.

Andarias Tawaru mengatakan, pihknya akan mengatur suatu SOP yang mengikat antara honorer dengan pemerintah daerah sehingga dibayar sesuai dengan Tupoksi masing-masing.

“Sebanyak 100 orang khusus untuk pembersihan dalam kota dan untuk 40 orang khusus untuk pembersihan PLTMH di Eromaga dan di Kali Wako” tutup Andarias. (Diskominfo Puncak)

Exit mobile version