Site icon Cenderawasih Pos

Pengembangan Pariwisata dan Ekomomi Kreatif Di Sejumlah Kabupaten Tak Berjalan

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Papua Pegunungan, Marthen Medlama,S.Pd.,M.Si.,MTESOL (foto:Denny/Cepos)

WAMENA -Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan melalui, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menyebutkan jika sejumlah Kabupaten pemekaran di Provinsi Papua Pegunungan kurang maksimal dalam melaksanakan program pengembangan pariwisata, padahal alokasi dana untuk mengelola program tersebut tersedia melalui OPD teknis di kabupaten.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Papua Pegunungan, Marthen Medlama,S.Pd.,M.Si.,MTESOL, mengatakan, sejak dirinya dilantik sebagai kepala dinas sudah turun mengecek di semua Kabupaten dan ditemukan program dinas pariwisata tidak dilaksanakan secara baik.

“Sejak dilantik saya sudah turun semua Kabupaten saya sudah cek semua dan saya punya data, ternyata teman-teman kepala dinas di Kabupaten baru, tidak kerja maksimal dalam dunia kepariwisataan dan ekonomi kreatif, itu harus kita jujur bicara masalah ini,”tegasnya kamis  (9/11) di Wamena.

kata Medlama, para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dari sejumlah Kabupaten tersebut kegiatan usahanya dipusatkan di Wamena, padahal di Kabupaten masing-masing sudah disediakan anggaran untuk program tersebut tapi tidak ada kegiatan dan program di lapangan.

“Masalah ini membuat timbul pertanyaan di hati saya, lalu alokasi dana selama ini di tingkat kabupaten dinas ekonomi kreatif  digunakan apa?,” ujar ketua STIMIK Agamua Wamena.

Medlama mengaku jika tentunya dengan anggaran yang dialokasikan dari Kabupaten untuk mendukung ekonomi Kreatif ini harus terus dikembangkan tak hanya dari pemerintah provinsi namun juga ada keterlibatan pemerintah Kabupaten dalam hal ini OPD teknis agar pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata lebih dominan.

“Jadi kalau dilihat lebih dominan dari Kabupaten Jayawijaya jika kita dibanding Kabupaten lain di Papua Pegunungan,  karena memang di kabupaten lain dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  tidak berjalan dengan baik,” kata Marthen Medlama. (jo)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version