Site icon Cenderawasih Pos

Indonesia Gagal, Meksiko Lengkapi Slot 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

CETAK BRACE: Pemain Meksiko U-17 Stephano Carrillo (dua dari kiri) setelah mencetak gol ke gawang Selandia Baru U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, kemarin (18/11). (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

SEBANYAK 16 slot untuk fase gugur Piala Dunia U-17 2023 telah komplet. Langkah Indonesia U-17 sebagai tuan rumah dipastikan terhenti di babak penyisihan grup.

Kepastian Indonesia U-17 gugur didapat setelah Meksiko U-17 meraih kemenangan pada pertandingan terakhir grup F kemarin (18/11). El Tri –julukan Meksiko U-17– mengalahkan Selandia Baru U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, dengan empat gol tanpa balas.

Padahal, harapan Indonesia U-17 untuk bisa melaju lebih jauh mensyaratkan Meksiko U-17 bermain seri tanpa gol dengan Selandia Baru U-17.

Dua di antara empat gol Meksiko U-17 dicetak Stephano Carrillo masing-masing pada menit ke-54 dan ke-67 (penalti). Dua gol lainnya dicatatkan Fidel Barajas (42’) dan Adrian Fernandez (47’).

 

 

Kemenangan itu membuat Meksiko U-17 menjadi tim atau negara terakhir yang mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. El Tri mengakhiri perjuangan di grup F sebagai runner-up. ”Ini adalah langkah yang baik. Namun, bagi kami, itu tidak cukup,” ujar Raul Chabrand, pelatih kepala Meksiko U-17, seusai pertandingan.

Keberhasilan Meksiko U-17 finis sebagai runner-up terbilang spesial. Sebab, mereka sebelumnya berada di ujung tanduk dan berharap lolos sebagai salah satu peringkat tiga terbaik. Namun, kemenangan 4-0 mengubah segalanya.

Meksiko U-17 berhak berada di urutan kedua dengan koleksi 4 angka. Perolehan poin mereka sejatinya sama dengan Venezuela U-17 yang lebih dulu lolos ke fase knockout. Namun, El Tri berada di atasnya karena unggul selisih poin lantaran Vinotinto –julukan Venezuela– kalah 0-3 dari Jerman U-17 di laga terakhir.

Sementara itu, juara grup F dipatenkan Jerman U-17 dengan catatan sempurna. Der Panzer Muda lolos dengan catatan sempurna, yakni mengemas 9 poin hasil tiga kemenangan.

Meski kalah, Venezuela U-17 tetap lolos sebagai salah satu penghuni peringkat tiga terbaik. Vinotinto melaju dengan status tersebut bersama dengan Iran U-17, Jepang U-17, dan Uzbekistan U-17.

Rencananya, babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 berlangsung pada 20–22 November. Seluruh laga tersebut tetap dimainkan di empat venue: Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Jakarta International Stadium.

Meksiko U-17 akan melanjutkan perjuangannya di Piala Dunia U-17 2023 dengan pindah ke Surabaya. Mereka bakal melakoni babak 16 besar melawan Mali U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo pada 21 November. ”Ini (pindah ke Surabaya, Red) mungkin menjadi masalah. Tapi, kami tahu ini adalah aturan mainnya dan kami harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk menghadapinya,” tutur Chabrand soal cuaca panas di Surabaya. (drw/c14/fal)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version