Site icon Cenderawasih Pos

Prediksi Meksiko U-17 vs Jerman u-17, Gengsi Penguasa Eropa dan CONCACAF

PERSIAPAN MATANG: Skuad Meksiko menjalani pemusatan latihan di training center Pantai Purnama milik Bali United sebelum berlaga di Piala Dunia U-17 2023. (Miftahuddin/Jawa Pos)

DUEL Jerman U-17 kontra Meksiko U-17 bukan sekadar pertandingan matchday pertama grup F Piala Dunia U-17 2023. Ada gengsi Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dan Konfederasi Amerika Tengah, Utara, dan Kepulauan Karibia (CONCACAF) yang dipertaruhkan dalam laga malam nanti (live Indosiar pukul 19.00 WIB).

Ya, Jerman datang ke Indonesia sebagai juara Piala Eropa U-17 2023. Tim besutan Christian Wueck itu berhasil mengangkat trofi bergengsi tersebut setelah 14 tahun lamanya. Ya, kali terakhir Jerman U-17 memenangkan Piala Eropa U-17 adalah pada 2009 saat menjadi tuan rumah.

Sementara Meksiko menjadi pemenang Piala CONCACAF U-17 2023. Itu menjadi gelar kesembilan sejak turnamen tersebut diselenggarakan kali pertama pada 1983. Hasil itu sekaligus menegaskan dominasi Meksiko sebagai tim tersukses.

Wueck menyadari bahwa euforia keberhasilan juara Piala Eropa U-17 masih terasa hingga kini. Di sisi lain, dia tak ingin timnya terlalu larut dalam capaian tersebut.

’’Sejauh yang saya ketahui, tidak ada bedanya apakah kami bertandang ke Piala Dunia sebagai pemenang gelar atau sekadar lolos ke babak kualifikasi,’’ katanya kepada FIFA.

Menurut Wueck, setiap tim yang berlaga di Piala Dunia U-17 2023 harus memulai turnamen dari nol. ’’Penting untuk menyadari potensi kami di lapangan pada waktu yang tepat,’’ jelasnya.

Terkait persiapan, Wueck merasa tidak lebih baik dari Meksiko U-17. Sebab, calon lawannya telah menjalani pemusatan latihan yang cukup jelang Piala Dunia U-17Meksiko U-17 diketahui menyempatkan diri berlatih di Bali sebelum terbang ke Bandung.

Sementara Jerman U-17 memiliki persiapan yang minim. Wueck baru bisa mendapatkan timnya secara lengkap dan berlatih bersama-sama tiga hari saja.

’’Artinya, kami menghadapi tantangan karena harus tampil dan bersatu sebagai tim tanpa persiapan apa pun. Saya percaya pada para pemain dan saya bersemangat melihat bagaimana kami memulai turnamen ini,’’ tuturnya.

Dari kubu Meksiko U-17, Raul Chabrand selaku pelatih kepala menyatakan bahwa mereka mendapatkan lawan tangguh sejak laga perdana. Tapi, pelatih 47 tahun itu percaya anak asuhnya dalam keadaan siap tempur.

’’Kami melakukannya dengan cukup baik di kompetisi kualifikasi yang sulit dan itu pasti akan memberi kami manfaat yang baik,’’ tuturnya.

Di Piala Dunia U-17Meksiko terbilang salah satu tim yang cukup sukses. Mereka pernah memenangkan trofi tersebut dua kali, yakni pada 2005 dan 2011. Tapi, Chabrand merasa keberhasilan masa lalu tidak berarti apa-apa lagi.

’’Sekarang kami menjalani hari demi hari dan menciptakan cerita kami sendiri sehingga kami dapat mencapai tujuan kami,’’ tegasnya. (drw/c17/ali)

PERKIRAAN PEMAIN

Meksiko U-17 (4-1-4-1): 1-Paolo Bedolla (g); 5-Javen Romero, 3-Kevin Garcia, 4-Luis Navarrete, 2-Jose Javier Suarez; 6-Isaac Martinez (c); 7-Brandon Lomeli, 8-Jose Urias, 10-Gael Alvarez, 11-Fidel Barajas; 9-Stephano Carillo

Pelatih: Raul Chabrand

Jerman U-17 (4-2-3-1): 1-Max Schmitt (g); 3-Almugera Kabar, 5-Maxim Dal, 4-Finn Jeltsch, 17-Eric da Silva Moreira; 6-Faysall Harchaoui, 19-Assan Ouedraogo; 7-Paris Brunner, 10-Noah Darvich (c), 11-Charles Herrmann; 9-Max Moertesdt

Pelatih: Christian Wueck

Venue: Stadion Si Jalak Harupat

Live: Vidio dan Indosiar pukul 21.00 WIT

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari Cenderawasihpos.jawapos.com 

BACA SELENGKAPNYA DI KORAN DIGITAL CEPOS  https://www.myedisi.com/cenderawasihpos

Exit mobile version