Site icon Cenderawasih Pos

Meskipun Negaranya di Tengah Peperangan, Palestina Bersiap Ikuti Kualifikasi

Squad tim nasional sepak bola Palestina. (Arabnews)

TIM Nasional sepak bola Palestina saat ini tengah mempersiapkan diri dalam menghadapi kualifikasi piala dunia 2026.

Mereka  dijadwalkan berlaga melawan Lebanon pada Kamis (16/11) dan Australia pada (21/11).

Dilansir dari Arab News, Saat ini para pemain dan official telah berada di Yordania untuk melakukan serangkaian latihan. Meski telah berada disana namun masih ada beberapa pemain yang terjebak di Gaza.  

Pelatih Tim sepak bola Palestina, Makram Daboub sebenarnya  ingin memasukkan Ibrahim Abuimeir, Khaled Al-Nabris, dan Ahmed Al-Kayed ke kamp pelatihan di Yordania menjelang pertandingan kualifikasi.

Akan tetapi  mereka tidak dapat keluar dari Gaza karena perang Israel-Hamas yang kini memasuki bulan kedua.

Meskipun pemainnya ada yang tidak dapat bergabung, Daboub mengaku sedikit lega karena mereka dalam kondisi aman di Gaza.

“Sejauh ini mereka baik-baik saja, namun banyak kerabat mereka yang meninggal akibat pemboman tersebut,” katanya kepada Pers.

Pelatih asal Tunisia ini mengakui akan sulit bagi pemain Palestina untuk fokus pada sepak bola. Hal ini karena banyak dari keluarga mereka yang sedang dalam bahaya.

“Dengan kematian dan kehancuran di Gaza, para pemain berada dalam kondisi psikologis yang sulit,” ujar Daboub.

Sementara itu wakil presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina, Susan Shalabi  mengatakan tidak diragukan lagi bahwa para pemain dan masyarakat menginginkan pertandingan tersebut tetap dilanjutkan.

 “Mereka adalah orang-orang yang ingin didengar dan dilihat oleh seluruh dunia, ingin hidup normal seperti orang lain, sehingga orang-orang peduli dengan tim nasionalnya,” kata Shalabi kepada AP.

“Ini mewakili kerinduan untuk diakui sebagai negara yang bebas dan berdaulat,” tambahnya.

Sebagai informasi,  Asosiasi Sepak Bola Palestina menjadi anggota penuh FIFA, badan pengatur sepak bola internasional, pada tahun 1998 dan cukup sukses di tingkat regional.

Tampil di Piala Dunia 2026 tentu menjadi impian bagi tim yang tak pernah nyaris mencapai prestasi tersebut.

Ada sedikit harapan lagi kali ini karena alokasi kualifikasi otomatis Asia telah meningkat dari empat tempat pada tahun 2022 menjadi delapan tempat pada tahun 2026, ketika turnamen ini akan diselenggarakan bersama oleh Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Tim sepak bola Palestina, pernah mencapai peringkat tertinggi FIFA 73 pada tahun 2018, tampil di Piala Asia pada tahun 2015 dan 2019 dan telah lolos ke turnamen kontinental 2023 yang akan datang di Qatar. (*)

Sumber: arabnews          |    Jawapos

Exit mobile version